Playkey ICO – Revolusi Industri Game Terdesentralisasi

49
0
SHARE

Playkey ICO. Menurut informasi yang disediakan oleh Newzoo Global Games Market Report tahun 2017, terdapat 2.2 bilyun pemain game online (“gamers”) yang tersebar diseluruh Dunia. Diantaranya, sebanyak 47% (empat puluh tujuh persen) pemain game bersedia untuk menghabiskan uang mereka dalam tiap-tiap permainan yang mereka mainkan. Para gamers ini mampu menyumbang sekitar USD $108.900.000.000 pendapatan industri game di tahun 2017.

Playkey ICO

Tak dapat dipungkiri, generasi milenial adalah generasi yang menjadi penyumbang paling banyak dari angka diatas. Dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi, hampir semuanya gemar bermain game online. Ada beberapa keluhan memang, seperti lupa waktu dan melupakan kehidupan nyata, namun bagi mereka yang menekuni game mereka secara serius, mereka dapat menghasilkan uang dengan mengikuti kompetisi-kompetisi e-sports. Selain itu, dengan bermain game, mereka dapat melatih kemampuan berbahasa asing dengan melakukan percakapan dengan manusia di seluruh dunia.

Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, ternyata para developer industri game telah melihat kesempatan baru dengan memanfaatkan teknologi cloud untuk meningkatkan layanan dan kemudahan bagi para pemain setianya. Industi game sedang berevolusi dari yang semula menggantungkan diri dengan kemampuan dan kapasitas hardware para gamers, kesulitan para gamers terhadap semakin mahalnya hardware atau console yang berteknologi high-end akan dapat dengan mudah teratasi.

Revolusi Industri Hiburan – Game Online

Revolusi dalam Industri Game akan mengikuti revolusi penyediaan konten video, music dan layanan lain yang telah lebih dahulu menggunakan teknologi cloud seperti youtube dan spotify. Untuk para gamers, layanan game dengan menggunakan cloud dapat mengurangi pengeluaran biaya untuk membeli hardware sampai dengan 10 kali lipat. Tentunya hal ini akan menjadi salah satu nilai tambah yaitu dengan memanfaatkan prinsip sharing economy.

Dengan ditemukannya teknologi GPU (Graphic Processor Unit), internet dan low-latency streaming, mungkin saja generasi console selanjutnya adalah generasi terakhir yang menawarkan kualitas dan kapasitas hardware sebagai nilai tambahnya. Ketika segala sesuatu dapat diperoleh hanya dengan menyewa GPU dengan harga murah, otomatis kebutuhan gamers hanyalah sebatas perangkat seperti monitor dan joystick atau keyboard yang terhubung ke internet.

Melihat fakta ini, dapat dipastikan bahwa dalam beberapa tahun kedepan permintaan akan cloud gaming akan terus mengalami peningkatan. Namun dibalik semua kemudahannya tersebut, terdapat beberapa tantangan dan hambatan untuk segera diselesaikan yaitu kebutuhan akan penyedia server dan manfaat yang dapat diberikan kepada dua sisi, gamer dan miner.

Playkey, Sebuah Jawaban

Playkey adalah sebuah perusahaan pembawa perubahan dalam sektor industri game dan sedang melakukan ICO (Initial Coin Offering) dengan misi utama untuk menjawab permasalah diatas dengan memanfaatkan teknologi blockchain yang terdesentralisasi.

Misi Playkey akan dijabarkan sebagai berikut:

  • Memungkinkan para gamers untuk memainkan permainan-permainan yang mereka inginkan hanya dengan perangkat keras apapun, dengan memanfaatkan teknologi-teknologi eksisting, produk dan bisnis model yang akan disediakan oleh Playkey.
  • Menciptakan platform dan marketplace game terbesar untuk para penyedia hardware, gamers dan partisipan lain yang akan mendukung revolusi dalam industri game ini.
  • Menyediakan ekosistem terdesentralisasi yang intinya adalah menghubungkan antara gamers dan miners (penyedia server atau hardware) bebasiskan teknologi blockchain. Di satu sisi miners akan mendapatkan benefit dari menyewakan servernya, sedangkan di sisi lain para gamers dapat memainkan game apapun dengna menyewa kepada miners pada platform tersebut.

Playkey akan memulai pengembangannya dengan mengimplementasikan layanan transaksi secara semi-centralized hybrid on-chain and off-chain yang terukur dan interaksinya akan menggunakan PKT Token (mata uang kripto Playkey). Pertama-tama, Playkey akan mengembangkan dan mengelola ledger off-chain terpusat dengan API yang akan disediakan untuk partner penyedia layanan digital yang lain dan setiap transaksi yang terjadi menggunakan PKT akan menggunakan platform Ethereum blockchain.

Dengan menggunakan teknologi hybrid (on-chain dan off-chain), diperkirakan dapat mengurangi biaya transaksi diantara para pengguna Playkey serta mengurangi kemungkinan stress dari sebuah jaringan apabila transaksi yang terjadi dalam jumlah yang sangat besar. Berdasarkan pengalaman mereka, apabila hanya menggunakan arsitektur murni on-chain dari Ethereum akan kurang optimal karena:

  1. Konfirmasi transaksi yang terjadi di Ethereum membutuhkan waktu yang relatif lama, hal ini dapat menyebabkan layanan Playkey yang akan diberikan akan kurang responsif.
  2. Blockchain Etherum mensyaratkan fees atau gas limit untuk setiap dilakukannya transaksi dan harus dibayar menggunakan mata uang kripto bernama Ether, hal ini dapat menjadi hambatan tersendiri bagi para pengguna baru teknologi ini.

Manfaat Bagi Pengguna

Dengan menggunakan teknologi Playkey, para gamers akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  • Dapat memainkan game apapun bahkan game terberat (AAA titles);
  • Dapat memainkan game dengan kualitas gambar dan tingkat layanan yang tinggi;
  • Dapat memainkan game dimana saja;
  • Dapat memainkan game dengan menggunakan sembarang hardware (Mac, Tablets, Smart TV, dll);
  • Pengalaman bermain game dengan fiturnya “plug and play”, tidak perlu download atau beli kaset terlebih dahulu.
  • Biaya layanan yang relatif lebih murah dibandingkan dengan membeli console gaming yang semakin mahal/

Selain untuk gamers, Playkey juga dapat memberikan manfaat kepada para miners sebagai berikut:

  • Dapat melakukan efesiensi 2-3 kali lipat daripada melakukan mining untuk altcoin.
  • Stabilitas yang lebih terjamin dibandingkan dengan mining altcoin.
  • Resiko yang lebih rendah daripada pertambangan altcoin yang kadang tidak ada nilai intrinsik di dalamnya.
  • Alternatif pilihan untuk mereka para professional yang telah memiliki GPU namun tidak dapat mengoptimalkan fungsinya karena persaingan yang semakin ketat di pasar pertambangan cryptocurrency.

Playkey ICO

Playkey berencana untuk melakukan ICO dengan mengeluarkan volume PKT sejumlah 100.000.000 token untuk mencapai tujuan berikut:

  • Mengitegrasikan teknologi blockchain dengan layanan game Playkey;
  • Mengembangkan P2P solusi streaming game yang terdesentralisasi, hemat, aman dan cepat, dimana miners akan dapat menyediakan hardware kepada para gamers;
  • Mengakuisisi 10 juta gamers aktif yang berada di region USA, EMEA dan APAC.

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengunjungi situs web Playkey dalam tautan berikut ini: Playkey Website dan Playkey Whitepaper.

Mari sambut dan dukung bersama-sama masa keberlimpahan dengan adanya teknologi-teknologi baru yabagi dunia.

Rahayu!

By: hyadumadha

Profile Link: Bitcointalk Profile

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here