DATUM ICO- Data Sebagai Minyak Abad 21

33
0
SHARE

Datum ICO, data sebagai minyak abad 21. Pernahkah paralocho terheran-heran ketika mengakses sosial media atau website-website tertentu? iklan yang ditayangkan pada halaman tersebut seringkali adalah hal-hal yang benar-benar sedang kalian inginkan? Misalnya kalian sedang ingin traveling, maka iklan yang muncul adalah info mengenai hotel murah atau paket perjalanan murah, atau contoh yang lain, jika kalian hobi main game online, maka iklan yang dimunculkan adalah tentang voucher game online dan game-game android terbaru yang menarik perhatian.

Boleh dong penasaran sistem apa sih sebenarnya yang mampu bekerja seakurat itu? Penasaran kan?

Ternyata setiap aktivitas kita di internet dimanfaatkan dan dieksploitasi oleh para penyedia platform gratis seperti google, gmail, facebook, instagram dan sebagainya. Setiap aktivitas seperti update status, komentar, like, email, share dan pengetikan kata kunci pada search engine akan menghasilkan data-data yang direkam oleh mesin. Data-data yang terekam tersebut setelah melalui proses statistika akan menghasilkan data-data demografi yang dapat menjadi indikator kebiasaan, kesukaan dan keinginan dari si pemakai platform gratis tersebut.

Data-data yang kalian produksi secara sukarela tersebut akan menjadi milik penyedia platform dan dapat dijual kepada para perusahaan yang ingin beriklan agar dapat target penonton yang tepat. Dan pufff, sampailah di halaman browser kalian.

Model bisnis ini dikenal dengan model bisnis pendapatan tersembunyi atau hidden revenues. Model bisnis ini merangkai polanya berdasarkan fakta bahwa hampir semua manusia sangat menggemari layanan yang murah atau bahkan Gratis. Maka tidak heran penyedia layanan internet seperti Google menggratiskan beberapa layanan utamanya, dengan semakin banyaknya pengguna maka mereka akan mendapatkan data-data yang semakin banyak dan berhak untuk merekam setiap aktivitas para penggunanya di internet. Lalu dengan program “Iklan Terarahnya” seperti google adwords, Google akan menjual data-data aktivitas para pengguna tersebut kepada para pengiklan yang menginginkan iklan produknya dilihat oleh orang-orang yang benar-benar membutuhkannya.

Setiap hari kita menghasilkan data sebesar 2.5 Quintillion byte, dan sebagian besar data tersebut disimpan pada server terpusat dan dimiliki oleh perusahaan privat seperti Google dan Facebook. 90% dari total data yang dimiliki dunia saat ini diproduksi hanya dalam kurun waktu 2 tahun belakangan ini. Selain itu, ternyata kita juga hanya menggunakan 5% dari total transaksi data yang terjadi pada internet, 95% lainnya tersembunyi dan mewakili potensi yang sangat besar.

Datum ICO

Dari fakta tersebut, penggunaan data perlu dimanfaatkan dengan benar yaitu untuk melakukan kolaborasi dan pembagian keuntungan. Seperti minyak, data harus diperlakukan dengan benar agar menghindara masalah : Ekspolitasi Data, Kebocoran Data, Keamanan Data dan Permintaan Informasi Data.

Datum – Solusi Data Terdesentralisasi

Pada tanggal 27 Oktober 2017 kemarin, cryptolocho menghadiri konferensi blockchain dunia di Bali bertajuk BlockBali 2017. PAda kesempatan tersebut, Roger Haenni CEO dari Datum melakukan presentasi tentang sebuah solusi yang dapat menjawab permasalahan mengenai data diatas. Bersama beberapa tim yang telah akrab dalam dunia data, Haenni bermaksud membangun sebuah marketplace data terdesentralisasi berbasis blockchain yang diberi nama Datum.

Solusi yang ditawarkan oleh Datum adalah sebagai berikut:

 

Datum ICO

Aplikasi Datum akan mampu memberikan otorisasi penuh kepada para user untuk mengkontrol data yang mereka miliki termasuk untuk berbagi (sharing) atau menjual data tersebut melalui jaringan Datum. Para user akan membayar sejumlah kecil DAT Tokens (mata uang datum) kepada jaringan dan data-data yang disubmit tersebut akan disimpan dalam nodes yang tergabung pada jaringan datum. Data-data tersebut hanya dapat dikontrol oleh para user yang memegang kunci privat (private key) dan natinya jika ada para konsumen data berkeinginan membeli data tersebut, maka dia akan menghubungi para user yang memiliki kunci privat datum tersebut.

Seluruh transaksi dalam aplikasi datum akan dilakukan dengan mata uang bernama Datum Token (DAT). Karena DAT memiliki fungsi spesifik tertentu yaitu sebagai bahan bakar pada jaringan Datum, maka dapat dipastikan bahwa harga DAT Token akan terus meningkat seiring dengan penggunaan dan popularitas aplikasi Datum di pasaran.

Contoh Kasus

Pengguna akan mendaftarkan dan mendapatkan bayaran dari pembeli data dengan skema sebagai berikut:

  1. Pengguna akan mengirimkan data ke dalam jaringan Datum menggunakan client software yang disediakan oleh Datum. Pengguna akan membayar sejumlah kecil DAT Token sebagai bahan bakar untuk melakukan pengiriman tersebut. Setelah data tersebut dienkripsi, maka hanya pengguna tersebutlah yang memiliki kunci untuk medekrispsi data-data yang disimpan tersebut.
  2. Sebuah tempat penyimpanan (storage) akan menerima dan menyimpan data-data dari para pengguna. Data tersebut akan direplikasi atau dicopy dan disebarkan diseluruh nodes yang tergabung pada jaringan datum.
  3. Seorang konsumen data menyatakan bahwa ia bermaksud membeli data.
  4. Para pengguna yang memiliki data akan menerima proposal pembelian data bersama dengan detail lain seperti informasi pembeli dan harga yang ditawarkan. Dia dapat menyetujui atau melakukan negosiasi untuk mendapatkan skema harga yang paling sesuai.
  5. Jika Para Pengguna menerima proposal, para pengguna akan menerima DAT Tokens dan kunci privat untuk mendekripsi data tersebut akan dikirimkan ke pembeli data yang telah membeli menggunakan DAT Token.
Datum ICO
Datum Apps

Roadmap Proyek DATUM ICO

Sebagaimana disebutkan diatas, Tim DATUM memiliki fokus untuk membuat marketplace untuk data dan segera mengembalikan nilai dari setiap data kepada para pengguna datum sesegera mungkin. Dalam whitepaper DATUM, Roadmap proyek ini adalah sebagai berikut:

September 2016 Pengembangan Konsep

Para founder memulai mengeksplorasi penyimpanan data skala besar untuk perangkat IOT dalam dunia medis, smart home dan membuat prototype untuk melakukan strukturisasi data yang tidak terstruktur.

 

Juni 2017 Pembuatan Whitepaper dan Validasi Konsep

Dengan pengumuman whitepaper maka tim DATUM akan mendapatkan feedback dari komunitas dan menyempurnakan konsep serta Roadmap.

 

Agustus 2017 Pre-sales & Alpha Version

Pra penjualan token DAT dimulai pada tanggal 11 Agustus 2017 dan berakhir pada 8 September 2017 kemarin. Token DAT memungkinkan para pengguna untuk berpartisipasi dalam jaringan data ekonomi yang baru ini.

 

Oktober 2017 Penjualan Token DATUM

Dimulai pada tanggal 29 Oktober sampai tanggal 29 November 2017 atau sampai dengan batas maksimum tercapai.

 

Desember 2017 Test Peluncuran Jaringan DATUM

Peluncuran test jaringan DATUM menandai bahwa produk versi beta akan diluncurkan dengan beberapa fitur dasarnya yang sudah dapat dimanfaatkan, hal ini dimaksudkan agar Tim DATUM memperoleh umpan balik dari para pengguna dan developer.

 

Maret 2018 Release Candidate

Fitur DATUM akan menyempurnakan kandidat untuk dirilis dan akan dideploy pada jaringan test DATUM, sehingga diperkirakan dalam waktu 3 bulan segala bug dan error dapat segera teratasi.

 

Juni 2018 Peluncuran jaringan utama DATUM

Peluncuran DATUM menandai dimulainya era ekonomi data yang baru. Dalam titik ini Jaringan DATUM terdiri dari penyimpanan data terdesentralisasi, aplikasi Datum, API’s terbuka, konsumsi data dan sistem trading.

 

 

DAT Token – Bahan Bakar Jaringan Datum

Sebagaimana proyek berbasis blockchain lainnya, DATUM juga memiliki token atau cryptocurrency yang akan dipergunakan sebagai bahan bakar jaringan datum yang disebut DAT Token. Untuk memastikan bahwa segala tahapan diatas dapat dilakukan sesuai dengan rencana, maka DATUM membutuhkan sejumlah dana yang akan mereka peroleh dari investor yang berpartisipasi dalam DATUM Token Sale.

 

Token sale Datum akan dijelaskan pada infografik berikut ini:

Datum ICO Token Sales
Datum Token Sales

Bagaimana Caranya Membeli Token DATUM?

  1. Kunjungi website datum pada tautan berikut ini: Datum Website;
  2. Pada dashboard website bagian atas pilih Token Sale Login;
  3. Buatlah akun dengan cara mengisi email dan mengatur password;
  4. Lakukanlah verifikasi dengan cara mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Tim DATUM;
  5. Setelah masuk dalam platform kalian dapat membeli DAT Tokens sesuai dengan keinginan kalian.

Bagi kalian para investor yang tertarik dengan proyek ini dan ingin berpartisipasi dalam era ekonomi data yang baru ini, kalian dapat memulai membaca segala sesuatu yang terkait DATUM ICO secara lengkap  pada tautan berikut ini:

Whitepaper: Datum Whitepaper

Website: Datum Website

Bitcointalk ANN Thread: Datum Bitcointalk

Analisa

Cryptolocho memberikan penilaian terhadap beberapa kategori yang dimiliki DATUM sebagai berikut:

  1. Tim Founder dan Pengembang : Excellent! Terbukti dengan hadirnya CEO DATUM di acara blockbali 2017, DATUM bukanlah proyek scam yang hanya bermaksud menyedot uang investor.
  2. Token Utility: Excellent! Karena DAT Token merupakan bahan bakar pada jaringan DATUM dan akan ada proses burning atau penghancuran token, maka akibat penurunan jumlah token yang beredar DAT Token akan mampu mengalami peningkatan waktu demi waktu.
  3. Manfaat DATUM: Excellent! DATUM dapat meningkatkan mass awareness atau kesadaran masyarakat terhadap pentingnya data dan bagaimana mengembalikan value atau nilai data kepada masyarakat luas.
  4. Hype: Medium! Persoalan yang dihadapi adalah begitu kompleksnya menjelaskan kepada masyarakat tentang sesuatu hal yang baru bagi mereka, seperti urgensi tentang data. Perlu dicari langkah-langkah inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat.
  5. Kompetisi: Low! sepanjang penelitian kami terhadap proyek data marketplace berbasis blockchain, DATUM dapat dikatakan sebagai pioneer proyek marketplace data seperti ini. Dengan demikian, DATUM dapat mengatur langkah-langkah strategis yang akan dilakukan kedepan dengan lebih leluasa.

Rahayu!

By: hyadumadha

Bitcointalk profile: https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=1082055

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here