SOMA ICO – Soma Competitive Advantages

7
0
SHARE

Soma Competitive Advantages. Pada artikel sebelumnya cryptolocho telah mengawali dan menyediakan informasi awal bagi paralocho terkait dengan proyek SOMA (Social Market). Selain daripada visi dan misi serta nilai-nilai yang akan diberikan oleh platform SOMA, lalu apa lagi yang menjadi competitive advantages atau keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh SOMA ketika telah berhasil muncul sebagai salah satu online marketplace?

Dengan kondisi yang serba digital sekarang ini, berbicara pasar online tentu paralocho telah akrab dengan yang namanya alibaba, e-bay, amazon, olx dan lain sebagainya. Diantara sekian banyak pasar online tersebut, ada beberapa yang paling menonjol karena memiliki keunggulan kompetitif dibanding yang lainnya. Misalnya adalah gratis ongkos kirim, bisa kredit dengan cicilan 0%, user interface yang mudah digunakan dan lain sebagainya.

Dalam buku berjudul “Business Model Navigator – 55 Model Bisnis Unggulan yang Akan Mengubah Bisnis Anda” karya Oliver Gassmann, Karolin Frankenberger dan Michaela Csik, dikatakan bahwa penerapan model bisnis menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena hal tersebutlah yang dapat menentukan suksesnya sebuah bisnis. Keunggulan kompetitif sebuah perusahaan di masa depan tidak ditentukan oleh produk dan proses yang inovatif, melainkan dengan model bisnis yang inovatif.

Berdasarkan fakta tersebut, maka ada baiknya kita melakukan pemeriksaan secara lebih mendalam tentang model bisnis yang diterapkan oleh SOMA. Fitur apa saja yang akan mereka sediakan untuk bersaing di permukaan dengan para pesaing dalam dunia marketplace yang telah ada terlebih dahulu.

Fitur Sebagai Soma Competitive Advantages

Soma Competitive Advantages

Pertama, keunggulan kompetitif SOMA yang paling substansial adalah pada penggunaan teknologinya, yaitu Blockchain. Dengan konsep dan penerapan teknologi blockchain, maka dimungkinkan untuk mendapatkan manfaat-manfaat turunan blockchain seperti anti manipulasi, anti hack karena dengan adanya algoritma dan kriptografi yang rumit, serta proses pembayaran yang praktis tanpa adanya kebutuhan pihak ketiga sebagai perantara.

Cryptolocho telah berhasil menghubungi salah satu Developer SOMA melalui email dan kami bertanya mengenai model bisnis yang akan diterapkan oleh SOMA, dalam emailnya dia mengatakan bahwa:

“ada beberapa dimensi keunggulan daya saing SOMA yang akan ada di platfrom SOMA apabila dibandingkan dengan kompetisi saat ini di luar sana. Sementara pemanfaatan blockchain dapat dilihat sebagai faktor pembeda utama, kami menyebutnya sebagai teknologi dasar dimana beberapa keunggulan dapat diturunkan. Pertama, inovasi mendasar dari SOMA yaitu konsep Interactive Itemcard (IIC) hanya bisa dibuat pada blockchain dalam bentuk seperti yang dijelaskan di whitepaper SOMA.  Konsep ini tidak hanya merevolusi platform C2C, namun juga dapat melampaui kemampuan bisnis marketplace sekarang ini, yaitu untuk menangani pemalsuan yang merupakan pasar bernilai miliaran dollar . Selain itu, blockchain juga memungkinkan kita untuk memfasilitasi pembayaran secara global melalui buku besar yang terdistribusi, mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan keamanan. Terakhir, Sistem hadiah SOMA dengan pemberian insentif kepada pengguna untuk berkolaborasi secara sosial melalui monetisasi interaksi sosial, sehingga memudahkan pertumbuhan alami masyarakat pengguna SOMA di seluruh dunia.”

Dari klarifikasi tersebut kami melihat bahwa para developer SOMA cukup serius dalam mencari inovasi dan alternatif model bisnis untuk mengingkatkan keunggulan kompetitif. Namun, bagaimana penjelasan masing-masing fiturnya? Berikut kami sediakan informasi tentang fitur yang akan disediakan oleh SOMA bagi paralocho yang menaruh minat untuk mengambil bagian pada ICO.

  • SOMA Interactive Item Card (IIC)

Setiap transaksi yang terjadi dalam platform SOMA tidak hanya akan mengubah kepemilikan barang secara fisik, namun juga terjadi perpindahan kepemilikan Kartu Interaktif atau Interactive Item Card (IIC). IIC merupakan representasi digital dari barang fisik, mencakup tentang data kepemilikan, kondisi barang tersebut, keasilan barang dan sejarah harga.

Secara konsep dijelaskan, bahwa IIC ini memungkinkan setiap pengguna meningkatkan nilai IIC mereka dengan cara pengumpulan liked dan follow, sebagaimana telah kita kenal dalam dunia sosial media. Yang kemudian akan mendorong orang-orang untuk membuat konten berkualitas tinggi dalam platform SOMA ini karena akan meningkatkan kepercayaan dan people awareness dalam komunitas.

SOMA akan memanfaatkan Ethereum blockchain dan sistem kontrak cerdas dalam verifikasi IIC untuk meningkatkan perlindungan keamanan seperti hilangnya kemungkinan untuk diduplikasi dan perpindahan informasi yang aman. Diharapkan dengan adanya IIC ini akan menjadi faktor pembeda dan meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan SOMA ini sebagai pilihan market place yang tetap tidak meninggalkan nilai-nilai sosial.

  • Keamanan Transaksi

Setiap transaksi pembayaran yang terjadi pada komunitas SOMA akan terjadi secara aman dan dapat dipertanggungjawabkan. SOMA Rewarding System, akan meningkatkan keamanan setiap transaksi dengan menyediakan insentif bagi para pengguna dalam komunitas yang bersedia menjadi agen penampungan (escrow) yang terpercaya. Agen tersebut akan diberikan sejumlah kompensasi dalam bentuk Soma Community Token ketika sebuah transaksi telah berhasil dilaksanakan.

  • Kontributor Sosial

Dikatakan pada website SOMA, bahwa di dalam komunitas SOMA, aktivitas perdangan dapat terjadi dengan cara yang sangat menyenangkan yaitu dengan memanfaatkan konsep-konsep sosial media yang selama ini telah dikenal oleh netizen. Para pengguna di dalam komunitas dapat berinteraksi satu sama lain dengan cara menyukai, mengikuti dan berbagi suatu konten yang mereka sukai. Interaksi sosial ini dipercaya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembuatan konten digital yang mana konten tersebut dapat menjadi sumber pendapatan mereka yaitu dalam bentuk Soma Community Token.

  • Peer2Peer Marketing

Dengan adanya platform terdesentralisasi SOMA, maka diharapkan dapat memberikan insentif bagi setiap pengguna dalam komunitas SOMA dalam berbagai cara. P2P marketing memungkinkan setiap pengguna mendapatkan SCT dengan cara mempromosikan suatu barang yang terdapat pada platform tersebut, memfasilitasi pertumbuhan organik dan kepopuleran dari SCT. Meningkatnya jumlah permintaan dan kepopuleran SCT makan secara langsung akan mengingkatkan nilai SCT yang ada di setiap pasar bursa yang ada di dunia.

Soma Community Token (SCT)

Apabila di platform ethereum setiap transaksi memerlukan gas limit dalam satuan gwei, maka dalam platform SOMA ini juka disediakan sebuah token bernama Soma Community Token (SCT). SCT berfungsi sebagai alat tukar setiap transaksi yang terjadi dalam platform ini. Dalam whitepaper SOMA, memang untuk inisiasi proyek, para pengguna dimungkinkan untuk menggunakan mata uang kripto yang telah populer seperti Bitcoin dan Ethereum, namun diharapkan seiring dengan berkembangnya platform ini maka penggunaan SCT juga akan ditingkatkan dengan cara setiap pemberian insentif akan dilakukan dalam mata uang SCT ini.

SCT diharapkan dapat menjadi alasan utama pertumbuhan dan peningkatan pengguna SOMA secara organik, selain sebagai hadiah kepada pengguna yang aktif untuk memasarkan dan menawarkan produk orang lain, SCT juga akan menawarkan fasilitas transaksi yang lebih cepat dan lebih efesien dalam dunia cryptocurrency ini.

Bagi paralocho yang mulai tertarik untuk berpartisipasi dalam proyek SOMA ini, Soma Token akan berakhir pada tanggal  26 Oktober 2017. Oleh karena itu, segera ambil keputusan dan nikmati beberapa manfaat menarik untuk para early adopter. Tunggu apa lagi? Jangan lupa, untuk membeli tokennya kalian hanya dapat menggunakan Ethereum.

SOMA Social Market Model Bisnis

Untuk informasi lengkapnya kalian dapat mengunjungi website SOMA pada tautan berikut: Soma Website.

Serta whitepaper SOMA pada tautan berikut: Soma Whitepaper.

Welcome to the brand new world of decentralized economy.

Rahayu,

Oleh: Hyadumadha

Bitcointalk Profil: Disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here