Strategi Investasi Bitcoin Dan Cryptocurrency – Seri Belajar #5

114
0
SHARE

Berbicara tentang strategi investasi, pokok bahasan cryptolocho kali ini tidak akan jauh-jauh dari adanya resiko kerugian dan kemungkinan profit yang akan dihadapi, termasuk berinvestasi pada dunia cryptocurrency yang akan kita pelajari bersama-sama ini. Oleh karena itu, paralocho diwajibkan untuk melengkapi diri dengan berbagai strategi dan langkah jitu dalam rangka meningkatkan kemungkinan profit dan meminimalisir resiko kerugian. Ada beberapa strategi yang perlu kalian lakukan dan pelajari agar setiap langkah yang kalian ambil akan membawa kalian selangkah lebih profit dan membangun portfolio aset kalian.

Namun kiranya perlu cryptolocho sampaikan lagi untuk sekian kali, bahwa artikel pada website ini adalah dituliskan sebagai sarana penyebaran informasi saja dan bukan merupakan saran ahli investasi yang kalian dapat salahkan semena-mena pada saat mengalami kerugian. Kalau tidak mau rugi lebih baik simpan uang kalian baik-baik dibawah bantal. Deal ya!

Kami melihat terdapat 5 strategi investasi yang dapat kalian lakukan dengan mudah meskipun kalian adalah para pemain baru dalam dunia mata uang kripto ini, kelima strategi tersebut adalah:

  1. Miliki pemahaman tentang konsep Cryptocurrency.
  2. Sering-sering menengok Pasar Bursa.
  3. Investasi lebih dari satu koin.
  4. Mulailah dengan jumlah kecil dan lakukan peningkatan terukur.
  5. Realokasi investasimu.

Kecewa dengan strategi diatas? Tunggu dulu baca dan simaklah baik-baik penjelasan dibawah ini.

Pertama, kenali dunia Cryptocurrency.

Adalah penting untuk mengetahui dan memahami secara utuh pengetahuan tentang Cryptocurrency itu sendiri. Selalu tanamkan dalam pikiranmu bahwa jangan sekali-kali kalian menanamkan uang pada sesuatu yang kalian tidak mengerti dan kenali. Kami yakin, banyak diantara kalian yang selalu mengharapkan segala sesuatu dengan instan tanpa melakukan hal-hal berat seperti belajar terlebih dahulu, dan itulah alasan terbesar mengapa banyak sekali kasus penipuan dan investasi bodong yang ramai diberitakan. Tinggalkanlah kebiasaan itu sekarang juga, sesuatu yang besar pasti membutuhkan proses yang rumit dan kompleks, maka bersabarlah.

Janganlah kalian menjadi pasukan FOMO (Fear of Missing Out), yang ikut berbondong-bondong melompat kejurang dengan alasan “kebanyakan orang juga melakukannya”. Jadilah investor pintar yang melakukan penelitian dan memperbanyak informasi terlebih dahulu sebelum melakukan sebuah aksi jual/beli.

Oleh karena itu, yang harus kalian lakukan adalah mempelajari ruang gerak Cryptocurrency. Terdapat beberapa poin penting yang harus kalian cerna terlebih dahulu sebelum memulai investasi, sebagai berikut:

  • Apa itu Cryptocurrency?
  • Apa itu Teknologi Blockchain?
  • Apa itu Bitcoin?
  • Apa saja jenis atau merk Cryptocurrency yang populer selain Bitcoin?
  • Apa yang dimaksud itu coin market caps?
  • Bagaimana caranya memulai melaukan perdagangan di bursa?
  • Dimana kalian bisa melakukan pertukaran aset mata uang kripto dan fiat?

Baca Juga:

Apa itu Cryptocurrency – Seri Belajar #1

Gunakanlah waktu kalian dengan santai dan bijak untuk mempelajari hal-hal tersebut diatas. Di situs web cryptolocho ini kalian juga dapat menemukan informasi-informasi tersebut yang sudah  disediakan dengan bahasa Indonesia untuk memudahkan paralocho dalam menyelami dunia Cryptocurrency. Lakukanlah barang seminggu dua minggu untuk mencerna semua informasi dasar mengenai dunia kripto, karena langkah ini yang sangat menentukan karir kalian pada dunia ini dan hanya dengan cara ini kalian dapat membedakan dengan mudah mana mata uang yang hanya akan membuang waktu kalian dan mana mata uang yang akan benar-benar merubah hidup kalian.

Strategi Kedua, Kunjungi Pasar Bursa Secara Berkala

Bagaimana maksudnya? Memata-matai pasar bursa adalah salah satu hal yang membosankan, karena melihat pergerakan harga tapi tidak memiliki aset adalah salah satu hal yang sangat-sangat melelahkan. Namun, kalian akan mendapatkan pelajaran yang berharga mengenai koin-koin apa saja yang sedang trend dan populer dalam pasar bursa Cryptocurrency tersebut.

Hal-hal penting yang harus kalian cari adalah:

  • Mata uang kripto apa yang paling banyak dicari? kalian dapat melihat pada volume masing-masing koin.
  • Berapa nilainya masing-masing mata uang kripto?
  • Mata uang kripto mana yang memiliki kapitalisasi pasar tertinggi?
  • Apakah suatu koin layak dipertahankan untuk investasi jangka panjang atau hanya layak untuk pumping atau jangka pendek saja?

Baca Juga:

Mengenal Jenis Cryptocurrency – Seri Belajar #2

Ingatlah selalu bahwa pasar kripto memiliki tingkat volatilitas yang sangat tinggi, pergerakan nilainya dapat terjadi dengan sangat cepat dan mengalahkan logika-logika trading yang selama ini diketahui. Terdapat beberapa faktor yang menentukan naik dan turunnya nilai suatu aset yaitu misalnya para spekulator, perubahan permintaan pasar, penawaran dan manipulasi pasar yang dilakukan oleh para institusi-insitusi besar.

Satu hal yang perlu dicatat, jangan sampai keputusan kalian membeli suatu koin hanya dengan alasan bahwa koin tersebut adalah koin yang sedang populer dan memiliki nilai yang terus meningkat. Lengkapilah diri kalian dengan pemahaman dari berbagai macam sumber dan teori-teori trading yang umum seperti fibonaci, relative strength index, mcd, bolinger band dan sebagainya dalam menentukan langkah investasi kalian.

Selain memata-matai pasar bursa kripto, kalian juga bisa menambah frame of reference kalian terkait cryptocurrency pada website-website yang menyediakan informasti seputar cryptocurrency. Sebagai contoh, kalian dapat mencoba berselancar di trading view atau coindesk dan masih banyak lagi.

Strategi berikutnya adalah berinvestasi lebih dari satu koin.

Adalah tidak disarankan apabila kalian berinvestasi hanya pada satu Cryptocurrency saja. Para profesional trader biasanya membeli berbagai macam aset kripto dan membuat semacam portfolio yang berisi daftar aset mereka. Untuk apa? Tentu untuk meminimalisir resiko kerugian yang mungkin dapat terjadi. Misalnya ketika kita merugi di koin A, maka kita akan dengan cepat melakukan stop loss dan mencari keuntungan di aset koin B dan sebagainya.

Alasan kedua adalah ketika kalian hanya melakukan investasi pada satu aset tertentu, misalnya Doge Coin, lalu bagaimana jika keseluruhan mata uang tersebut kolaps? Tentu kalian akan kebingungan karena tidak memiliki cadangan atau langkah-langkah preventif untuk meminimalisir resiko sebagaimana disebutkan diatas.

Oleh karena itu, belilah minimal 2 mata uang kripto dan lakukanlah pengamatan sesering mungkin di dalam pasar bursa dan pilih mata uang yang paling kalian yakini akan mendatangkan keuntungan.

Strategi Keempat, Mulai Dari Yang Kecil dan Lakukan Peningkatan Terukur.

Ada tertulis, “Setialah pada perkara kecil terlebih dahulu maka kamuakan diberikan perkara besar.” Kata-kata tersebut sangat aplicable untuk kegiatan investasi atau trading  yang baru akan kalian mulai ini. Bagaimana cara kalian menyelesaikan permasalahan trading yang kompleks dan rumit apabila kalian belum mampu menyelesaikan yang kecil dan sederhana? Tentu dengan mengetahui hal-hal yang paling sederhana terlebih dahulu dan terus meningkatkan skala.

Dengan jumlah yang kecil, kalian akan lebih sering mengamati dan merasakan hal-hal yang biasa terjadi di Pasar Bursa. Begitu banyak troll atau pembual atau cukong yang menggunakan chat room untuk menciptakan suatu ketegangan pasar tertentu, dari situ kalian akan belajar pula bagaimana menanggapi percakapan yang ada pada chat room tersebut.

Inilah contoh-contoh kata-kata yang sering muncul dan seringkali membuat kalian bingung dalam memutuskan:

  • “BTC sor gan”
  • “Cepat beli BCH mau to the moon gan”
  • “BTC up 100jt tembus-tembusin terus gan”
  • “Ayo buruan beli tiket yang masih ketinggalan kereta”
  • dan sebagainya

Saran kami, carilah informasi yang bermutu dari kanal-kanal informasi yang kredibel seperti blockgeeks, coindesk dan sebagainya daripada hanya menggantungkan nasib kalian pada chatroom.

Berinvestasi dalam dunia crypto tidak selalu berarti kalian dapat meraih keuntungan yang instan dan menjadi orang kaya dadakan. Ada beberapa hal yang perlu dipelajari seperti strategi dan pemahaman tentang kurva-kurva untuk dapat membantu kalian untuk mencapai tujuan.

Sebagai pemula, mulailah dengan jumlah paling kecil yang sesuai dengan kantong kalian dan sebaiknya uang yang kalian investasikan tersebut adalah uang yang bebas, artinya uang tersebut adalah uang yang biasa kalian pakai untuk belanja keinginan, bukan untuk belanja kebutuhan seperti makanan dan bayar hutang. Mengapa? Karena kita akan anggap uang tersebut sebagai uang belajar dan jikapun hilang tidak masalah.

Pertama, buka situs web yang menyediakan layanan pasar burso kripto. Jika kalian masih tidak tahu apa saja situsnya, silahkan buka dan pelajari lagi seri belajar Cryptolocho sebelumnya (#4).

Baca Juga:

Seri Belajar #4 Cryptolocho – Mengenal Pasar Bursa

Setelah melakukan pendaftaran dan memverifikasi email, biasanya kalian dapat langsung melakukan kegiatan trading, namun hanya dengan jumlah yang terbatas. Untuk meningkatkan batasan atau limit terhadap kegiatan kalian, kalian akan diminta melakukan verifikasi dan autentifikasi dengan cara yang bervariasi. Hal ini perlu dilakukan terkait dengan pemenuhan aturan mengenai KYC (Know Your Customer) dan beberapa kebijakan AML (Anti Money Laundering).

Ada platform yang mengharuskan kalian mengirim ID card, passport, utility bill dan sebagainya. Ada pula platform yang mengharuskan kalian mengirim foto diri satu badan dengan memegang tulisan “I Love You”, nggak-nggak ini humor saja.

Langkah selanjutnya adalah, lakukan deposit mata uang fiat kalian melalui bank pilihan kalian. Berbagai fasilitas sudah disediakan seperti m-banking, kartu kredit, transfer atm dan sebagainya, pilihlah sesuai dengan kenyamanan kalian.

Setelah masuk di dompet atau e-wallet kalian, segeralah melakukan pengamatan pada pasar tersebut. Jika kalian sudah membekali diri dengan informasi tentang suatu koin dan ingin membeli koin tersebut, maka selalu ingatlah bahwa disarankan untuk membeli lebih dari 2 jenis mata uang kripto atau koin. Misalnya, belilah pada 2 mata uang yang paling stabil di dunia kripto: Bitcoin dan Ethereum.

Kalian perlu membagi modal kalian, yaitu 50% untuk Bitcoin dan 50% untuk Ethereum, hal ini merupakan langkah yang cukup cerdas dalam permulaan perjalanan kalian di dunia investasi. Jika ada kemungkinan kalian kehilangan nilai pada suatu koin, koin yang lain masih akan mengurangi kerugian tersebut dan hal tersebut tetap merupakan suatu resiko investasi yang wajar.

Jika sudah terbiasa dengan kejadian-kejadian di pasar, mulailah meningkatkan sedikit demi sedikit modal kalian untuk membeli mata uang kripto dalam nilai yang semakin besar.

Strategi Investasi Bitcoin dan Cryptocurrency
Strategi Investasi Bitcoin dan Cryptocurrency

Terakhir, Realokasi Investasi.

Jika kalian sudah mengaplikasikan langkah 1-4 diatas artinya kalian sudah menjadi salah satu warga dan sudah terbiasa dalam semesta kripto ini, kalian dapat melakukan realokasi jumlah investasi kalian sesuai dengan perkembangan pasar mata uang digital.

Dengan berbagai informasi yang kalian kumpulkan, berbekal dari grup chat yang kalian ikuti, para trading forecaster dan sebagainya, akan ada pada suatu titik kalian mendapat keyakinan bahwa suatu koin akan memiliki performansi lebih baik daripada yang lain. Disitulah kesempatan kalian untuk berpindah-pindah dari satu mata uang ke mata uang kripto yang lain. Namun ingat, selalu lakukan dengan perhitungan yang matang.

Ada pula sebuah kegiatan yang dinamakan arbitrage, yaitu membeli aset di suatu market dan memindahkannya di market lain apabila perbedaan harganya signifikan. Namun sebelum melakukannya hal-hal demikian kalian perlu memperhatikan pula besarnya biaya transaksi, biaya taker dan maker, lama tidaknya proses transaksi dan informasi lain pasar tersebut yang malah jika tidak diperhatikan akan membuat kalian merugi.

Akhir kata, selamat memulai kegiatan investasi, selamat memahami peran kalian di dunia bursa, menjadi the sitting duck berubah menjadi the running pig sampai kalian dapat menjadi the hunting fox dalam dunia investasi ini.

Salam cryptolocho, rahayu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here