Apa Saja Pasar Bursa Cryptocurrency – Seri Belajar #4

80
3
SHARE

Apa itu Pasar Bursa Cryptocurrency?

Sudah selesai membaca Seri Belajar Cryptolocho #1 sampai #3? Jadi kalian sudah paham apa itu cryptocurrency, jenisnya apa saja dan bagaimana cara menyimpannya di dompet digital, kini saatnya paralocho mengenal dan mencoba memahami apa itu Pasar Bursa Kripto (Crypto Exchanges). Crypto Exchanges adalah sebuah situs web yang memungkinkan kita untuk membeli, menjual dan menukarkan satu mata uang kripto dengan mata uang yang lain yang kita miliki, baik antar mata uang kripto atau konversinya ke mata uang fiat seperti USD, EUR atau IDR.

Jika ada diantara paralocho yang sudah ahli dalam bidang perdagangan bursa dan investasi, sepertinya kalian lebih cocok untuk menggunakan Exchange Platform yang mensyaratkan pembukaan rekening (account) dan prosedur verifikasi keamanan yang berlapis seperti google authenticator dan sebagainya.

Namun, apabila kalian masih nubie di alam Cryptocurrencies ini, baiknya kalian memulai dengan platform yang tidak banyak persyaratan yang rumit untuk membuka account. Biasanya exchanges tersebut langsung dapat dengan mudah kalian pahami dan gunakan untuk melakukan aktivitas jual beli sampai kalian terbiasa dengan mekanisme pasar bursa tersebut.

Lihat Juga:

Seri Belajar #1 Cryptolocho – Apa itu Cryptocurrency?

Jenis Pasar Bursa

Sampai saat ini ada 3 jenis Crypto Exchanges yang perlu kalian ketahui terlebih dahulu:

  1. Trading Platforms

Adalah website yang mampu menghubungkan antara penjual dan pembeli aset kripto dengan membebankan sejumlah kecil biaya untuk setiap transaksi yang terjadi.

  1. Direct Trading atau Penjualan Langsung

Adalah website atau platform yang menawarkan transaksi langsung dari orang ke orang (person to person). Para penggunanya dapat menukarkan aset mereka secara langsung kepada orang lain yang berasal dari berbagai macam negara dan berbagai macam mata uang. Di dalam pasar ini, para penjual dan pembeli tidak perlu harus menggunakan parameter standar harga pasar, mereka dapat mengatur harga asetnya dengan sesuka hati.

  1. Broker

Adalah website yang melayani pembelian aset uang kripto, namun harga yang ditawarkan akan diatur oleh broker. Mekanisme broker cryptocurrency ini hampir mirip dengan yang ditawarkan di penukaran mata uang asing yang selama ini telah kita kenal.

Catatan Penting!

Sebelum melakukan aktivitas perdagangan perdana, adalah penting bagi paralocho untuk memperhatikan 5 indikator dibawah ini untuk meminimalisir resiko dan memaksimalkan keuntungan yang mungkin kalian peroleh, kelima indikator tersebut adalah:

  1. Reputasi

Menilai reputasi Exchange Market sama seperti meneliti tempat-tempat prostitusi, kalian harus tahu terhadap produk yang ditawarkan, harga, kualitas dan tingkat kepuasan pelanggan. Pastikan bahwa paralocho telah membaca dan melakukan penelitian terhadap reputasi exchange market yang akan kalian gunakan. Kalian bisa berpatokan kepada pendapat-pendapat dari suhu mastah atau para profesional yang dapat dicari dengan menggunakan mesin pencari. Mengikuti dan membaca apa yang ada dan tertulis di forum bitcoin juga merupakan salah satu cara untuk mengetahui reputasi suatu Exchanges Market.

  1. Biaya

Pada umumnya, setiap Exchanges akan memiliki informasi tentang berapa banyaknya biaya yang akan mereka tarik untuk setiap transaksi yang dilakukan pada website mereka. Sebelum kalian mendaftar dan melakukan deposit, pastikan bahwa kalian telah memahami jargon, biaya pengisian, penarikan dan biaya transaksi yang akan dibebankan kepada pengguna. Biaya-biaya tersebut sangat bervariasi dan cermatlah sebelum membeli!

  1. Metode Pembayaran

Mohon diperhatikan metode pembayaran yang disediakan. Apakah situs tersebut menerima kartu kredit atau debit? Kabel transfer? Paypal? Jika suatu website sangat membatasi penggunanya dalam melakukan transaksi maka mungkin hal tersebut akan dapat menyulitkan paralocho dikemudian hari. Mohon diingat, setiap transaksi yang menggunakan credit card akan mensyaratkan proses verifikasi identitas dan pasti akan membebani kalian dengan biaya yang lebih untuk meningkatkan kualitas keamanan yang ditawarkan. Sementara itu, membeli aset kripto dengan menggunakan kabel transfer akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama karena harus diproses terlebih dahulu di bank-bank rekanan exchange tersebut.

  1. Persyaratan Verifikasi

Mayoritas crypto exchanges kini menerapkan verifikasi identitas untuk melakukan deposit dan penarikan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kegiatan-kegiatan ilegal seperti pencucian uang dan penipuan. Verifikasi identitas ada yang berbentuk konfirmasi email, google authenticator dan lain sebagainya. Pilihlah sesuai tingkat kenyamanan paralocho masing-masing.

  1. Kurs

Jangan heran apabila tiap-tiap pasar pertukaran memiliki nilai tukar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, selalu ingat agar kalian selalu jalan-jalan dari satu situs ke situs lainnya semata agar mengetahui harga secara global. Jangan terburu-buru untuk menetap di suatu pasar, karena hal tersebut dapat menghilangkan kemungkinan paralocho untuk mendapatkan keuntungan dari tambahan dari selisih harga diatara situs-situs tersebut.

Lihat juga:

Seri Belajar #2 Cryptolocho – Mengenal Jenis Cryptocurrency

Penyedia Layanan Pasar Bursa Cryptocurrency

Sebagaimana cryptocurrency telah mendapatkan perhatian yang masif di seluruh dunia, perkembangan pasar bursa juga mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Banyak exchange market yang muncul setiap harinya, namun tidak semua exchange market tersebut menawarkan benefit yang sama bagi para penggunanya, masing-masing pasti memiliki competitive advantages yang dapat meningkatkan minat para penggunanya untuk bertransaksi menggunakan platform tersebut. Berikut adalah 6 exchanges platforms yang sering dikunjungi oleh para trader cryptocurrency:

  1. Kraken
  2. Coinbase
  3. Cex.io
  4. Bittrex
  5. Poloniex
  6. vip.bitcoin.co.id

 

Pertama, Kraken.

Kraken adalah exchange market yang memiliki volume perdagangan dan likuiditas terbesar di eropa. Kraken juga merupakan partner pertama bank cryptocurrency. Kraken memperbolehkan penggunanya untuk membeli bitcoin dengan EUR, USD, Canadian Dollars, Poundsterling Inggris ataupun Yen Jepang.

Dengan berkembangnya alt coin yang begitu cepat, kini kraken juga telah memperbolehkan beberapa alt-coin untuk diperdagangkan pada bursa ini seperti Etherum, Monero, Zcash, Bitcoin Cash dan lain sebagainya.

Kraken Exchange

Kraken sepertinya berkembang sangat pesat mengikuti trend yang ada di pasar, seperti menawarkan margin trading dan fitur-fitur trading lain yang terkesan sangat mempermudah para penggunanya. Dari perspektif biaya, biaya transaksi yang ditawarkan Kraken relatif lebih murah dibanding exchanges platform yang lain.

Namun, seperti Coinbase, metode pembayarannya juga sangat terbatas. Kraken lebih cocok untuk para traders dan investor yang telah profesional, sedikit sulit untuk para pendatang baru yang masih belum terbiasa menggunakan user interface yang unintuitif.

Untuk membuka akun dan memulai aktifitas perdagangan, paralocho harus mendaftar terlebih dahulu pada halaman utama mereka yang mensyaratkan data diri personal. Untuk tingkat keamanan lanjutan, kraken juga mempersyaratkan nomor identitas yang dikeluarkan oleh pemerintah dan bukti tempat tinggal.

 

Kedua, Coinbase.

Coinbase adalah exchange terpopuler yang sangat digemari. Exchange ini telah digunakan oleh investor yang terpercaya dan memiliki jutaan investor dari seluruh penjuru dunia. Platformnya sangat ramah pengguna yang sangat memudahkan kalian untuk melakukan aktivitas perdagangan secara aman.

Platform ini memungkinkan kalian untuk memperjualbelikan aset uang kripto seperti Bitcoin, Ethereum dan Litecoin. Mereka juga menyediakan dompet digital yang dapat diunduh baik menggunakan Iphone atau android.

 

Bagaimanapun, pilihan untuk menggunakan pasar bursa akan sangat tergantung dari tempat dimana kalian tinggal. Saat ini coinbase hanya memperbolehkan transaksi dari US, Eropa, Inggris, Canada, Australia dan Singapore. Metode pembayaran juga sangat terbatas dan tidak memperbolehkan transfer melalui bank, kartu kredit/debit atau PayPal. Untuk memulainya, yang perlu kalian lakukan hanyalah mendaftar dan langsung melakukan aktivitas perdagangan.

 

Platform ketiga, Cex.io.

Cex.io memampukan para penggunanya untuk melakukan aktivitas perdagangan menggunakan uang fiat untuk membeli aset kripto dan sebaliknya. Untuk para traders yang akan memperjualbelikan bitcoin secara profesional, platform ini menawarkan fitur personal dan dasbor ramah pengguna dan fitur margin trading.

Pasar Bursa Cex.io

CEX juga menawarkan layanan perantara atau broker bagi para pengguna yang kurang berpengalaman. Cara yang sangat sederhana untuk membeli Bitcoin sesuai dengan tingkat market. CEX adalah applikasi mobile yang sangat praktis dimana didukung di seluruh dunia dan memiliki kurs yang standar. Namun, biaya yang dikenakan untuk menyetorkan mata uang relatif lebih mahal daripada platform yang lain. Keuntungan yang paling digemari oleh penggunanya adalah di cex.io kita dapat membeli aset kripto dengan kartu kredit dimanapun kita berada.

Kalian dapat memulai perdagangan dengan mendaftar pada halaman utama yang disediakan oleh cex.io

Berikutnya, Bittrex.

Bittrex adalah perusahaan penyedia layanan exchange yang memiliki kantor pusat di Amerika Serikat (USA). Dalam penyediaan layanannya, bittrex mengedepankan keamanan transaksi dan penyediaan dukungan terhadap algoritma perdagangan seperti bot tradings untuk memberi kenyamanan para penggunanya.

Jumlah mata uang kripto yang diperdagangkan di Bittrex juga bermacam-macam dan merupakan platform exchange terfavorit dari para perusahaan cryptocurrency untuk melakukan perdagangan koinnya. Bittrex juga memiliki fitur antarmuka yang sangat ramah bagi para penggunanya yang memungkinkan kalian paralocho dapat secara intuitive untuk menggunakannya.

Kelima, Poloniex.

Platform ini menawarkan keamanan transaksi perdagangan dengan lebih dari 100 mata uang kripto yang secara langsung dikomparisikan dengan harga bitcoin. Untuk para trader profesional, hal tersebut sangat memudahkan aktivitas perdagangan mereka.

Poloniex memiliki jadwal biaya yang dikenakan untuk setiap pedagang. Oleh karena itu, setiap biaya yang dibebankan sangat bervariasi tergantung apakah kalian menjadi maker atau taker. Makers adalah para pedagang yang menampilkan pesanan mereka sesuai pesanan sebelum berdagang, sedangkan Taker adalah mereka yang mengambil pesanan dari para Makers.

Sebagai Makers, biaya yang dibebankan berada pada skala 0 sampai 0,15% tergantung berapa banyak jumlah yang diperdagangkan. Untuk takers, biaya transaksi dibebankan pada skala 0.10% sampai 0.25%. Alasan utama mengapa biaya sangat bervariasi adalah karena model maker-taker ini dapat mendorong tingkat likuiditas pasar dengan memberi imbalan pembuat likuiditas tersebut dengan potongan harga.

Pasar Bursa Poloniex

Untuk memulai perdagangan, paralocho harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dihalaman utama Poloniex.

Terakhir, vip.bitcoin.co id.

Untuk saat ini, platform ini merupakan satu-satunya pasar bursa kripto yang tersedia di Indonesia. Memang, biaya yang dikenakan untuk setiap transaksi lebih mahal daripada pasar kripto yang lain, namun dengan kehadiran pasar bursa lokal dapat memungkinkan kalian untuk melakukan transaksi menggunakan Rupiah dengan sangat mudah.

Pasar Bursa Cryptocurrency VIP

Exchange Market lokal ini telah menawarkan 13 macam transaksi baik antar cryptocurrency maupun antar mata mata uang kripto langsung ke Rupiah seperti BTC, BCH dan Ethereum. Untuk melakukan pendaftaran memang terasa lebih rumit, selain harus melakukan pendaftaran pada websitenya, kalian juga memerlukan verifikasi email dan mengirimkan foto diri untuk membuktikan kebenaran identitas kalian.

Lihat juga:

Seri Belajar #3 Cryptolocho – Mengenal Dompet Digital Cryptocurrency

Nah, sampailah dipenghujung Seri Belajar #4 Cryptolocho. Untuk memulai kegiatan investasi atau trading yang akan kalian lakukan, pastikan paralocho telah memiliki dompet digital sebagaimana dipelajari pada Seri Belajar #3. Dan yang pasti, kenalilah diri kalian sendiri terlebih dahulu, apakah kalian memutuskan untuk menjadi pedagang jangka pendek atau jangka panjang? Ingat, benjamin graham mengatakan bahwa dalam dunia investasi yang terpenting bukanlah kepintaran secara IQ, namun kecerdasan emosi dan mengendalikan diri yang menjadi terutama.

Oh ya, untuk menambah referensi kalian sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual aset kripto, kalian dapat menggunakan layanan-layanan situs web yang menyediakan chart trading online secara gratis, misalnya di https://www.tradingview.com/ideas/cryptocurrency/. Dalam layanan tersebut paralocho dapat mengetahui RSI, MaCD, dan lain sebagainya.  Selamat mencoba ya.

 

Rahayu!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here