COSS.IO – Solusi Terpadu Satu Pintu Dunia Cryptocurrency

16
2
SHARE

Adopsi Massal Cryptocurrency

Saat ini kita sedang berada pada pertengahan tahun 2017 dimana era teknologi finansial (financial technology atau Fintech) sedang marak-maraknya dibicarakan dan dipercaya dapat mempermudah hidup manusia. Tidak dapat dipungkiri, dengan hadirnya teknologi seperti dompet elektronik (e-wallet), payment gateway, Laku Pandai (layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif) kini sangat terasa manfaatnya, kita dapat melakukan aktifitas transaksi keuangan tanpa harus repot-repot datang dan mengantri di kantor bank konvensional.

Namun berbicara mengenai teknologi kita juga dipaksa untuk berbicara tentang perkembangan dan peningkatan fungsi teknologi yang bergerak sangat cepat dan tak terbendung. Mulai dari penyederhanaan rantai pasokan (supply chain), menghilangkan kebutuhan perantara (third parties), hingga penciptaan uang-uang baru yang berbentuk data-data elektronik untuk melawan hegemoni kekuasaan Bank Sentral seperti yang dilakukan oleh Satoshi Nakamato dengan Bitcoinnya. Dari Fintech, dunia perlahan-lahan sudah mulai bergerak ke dunia teknologi yang lain yaitu Blockchain.

Bitcoin sebagai inisiator medium pengganti uang fiat sudah dikenalkan ke publik dari tahun 2009, namun beberapa pakar teknologi mengatakan bahwa bitcoin dan mata uang kripto lainnya (cryptocurrency) baru akan benar-benar meledak dan dikenal oleh masyarakat luas sekitar tahun 2019. Cryptolocho melihat bahwa prediksi tersebut mungkin saja benar, karena dari tahun 2016 ke tahun 2017 ini, harga bitcoin terus menerus melejit naik dan tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut terjadi akibat permintaan (demand) dari masyarakat terus menerus bertambah.

Meskipun demikian, sepertinya pertambahan jumlah permintaan dan minat terhadap Bitcoin dan cryptocurrency yang lain masih berada di seputar kalangan penggemar teknologi atau para teknikal itu sendiri. Masih banyak kalangan masyarakat yang bahkan belum tau apa itu bitcoin dan fungsinya, oleh karena itu tantangan sebenarnya untuk menuju ke tahun 2019 adalah tentang bagaimana cara merubah budaya atau kebiasaan masyarakat secara umum yang semula menggunakan uang fiat (IDR,EUR,YEN,USD) berubah menjadi menggunakan Cryptocurrency berbasis teknologi blockchain.

 

COSS – Menjawab Tantangan

Bring Cryptocurrencies To The World

Tantangan tersebut diatas telah dibidik dan sedang dikerjakan oleh COSS (Crypto-One-Stop-Solution), sebuah platform yang sedang disiapkan oleh beberapa orang dari berbagai negara untuk bertujuan untuk membawa teknologi Cryptocurrency ini kepada masyarakat umum.

Kehadiran COSS bermaksud untuk menghapuskan penghalang-penghalang pengadopsian massal teknologi cryptocurrency dengan cara memberikan kemudahan akses kepada masyarakat umum terhadap teknologi Cryptocurrency, meningkatan kesadaran (awareness) pengetahuan masyarakat akan manfaat dari teknologi Blockchain, serta jaminan keamanan pada teknologi ini bahwa aset yang mereka miliki akan aman dari segala bentuk gangguan.

Bagaimanapun caranya pengguna harus diberikan perasaan yang aman dan keadaan yang senyaman mungkin dalam penggunaan teknologi ini, misalnya dengan pembuatan platform satu pintu dimana pengguna tanpa harus mengakses ke beberapa website mereka tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli makanan atau perlengkapan harian. Kedua, pengguna harus diberikan pengetahuan dasar dan manfaat apa yang dapat mereka peroleh dari penggunaan teknologi ini, skema pembagian keuntungan misalnya.

Mengapa COSS.IO menarik?

Yang perlu diketahui, cryptolocho melakukan penyaringan yang relatif ketat untuk melakukan analisa tentang proyek apa yang layak dibahas pada situs web ini. Tidak semua proyek ICO kami bahas dan kami hanya memilih proyek-proyek yang menurut kami berpotensi untuk dapat memberikan manfaat dan menjanjikan masa depan kehidupan umat manusia menjadi lebih baik, COSS ini salah satunya.

Sebagai langkah awal COSS akan menyediakan sebuah platform layanan terpadu satu pintu dimana para penggunanya baik dalam skala perorangan maupun dalam skala bisnis dapat melakukan transaksi dalam dunia cryptocurrency dan teknologi blockchain, tanpa memperdulikan pengalaman dan pengetahuan apa yang telah diketahui oleh pengguna. Artinya, semua orang, semua level dan semua kalangan diharapkan dapat dengan mudah mengakses platform COSS ini tanpa penghalang yang berarti lagi.

Pertama, COSS akan membuat aplikasi inti (core application) yang terdiri dari sistem manajemen akun, sistem pendaftaran dan proses login, prosedur keamanan dan mekanisme untuk melakukan perubahan kata sandi.

Kedua, mereka akan menyediakan layanan Payment Gateway, Point of Sale dan Merchant Tools yang memungkinkan para penjual dapat terhubung pada layanan COSS sehingga mereka dapat menerima pembayaran dalam bentuk Cryptocurrency untuk setiap barang yang mereka jual. Bayangkan saja potensi kemudahan yang akan ditawarkan, masyarakat tidak perlu repot-repot untuk menukarkan aset yang mereka punya pada pasar bursa Cryptocurrency terlebih dahulu untuk dapat memanfaatkan aset uang kripto untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Dalam dokumen Financial Plan yang disiapkan oleh COSS, dikatakan COSS juga mampu memberikan kebebasan bagi para penggunanya untuk melakukan transaksi yang paling nyaman bagi mereka, baik menggunakan cryptocurrency atau menggunakan uang fiat pada umumnya.

Namun, volatilitas Cryptocurrency yang belum stabil tetap harus menjadi perhatian utama dari tim COSS itu sendiri untuk meminimalisir kerugian yang mungkin saja dapat diderita oleh para penggunanya. Misalnya dengan kebijakan-kebijakan atau protokol tertentu yang dapat menjanjikan stabilitas pada mata uang yang digunakan untuk bertransaksi.

Ketiga, COSS akan mampu menyediakan Pasar Bursa Uang Kripto (Cryptocurrency Exchanges) yang memiliki kelebihan fitur yang akan fokus terhadap pengguna baru, baik skala perorangan maupun bisnis. Pasar Bursa COSS juga akan dilengkapi dengan fungsi daftar kapitalisasi pasar serta payment gateway yang diharap akan sangat memberi kemudahan bagi para penggunanya untuk menukarkan aset kripto mereka untuk sejumlah manfaat yang mereka butuhkan sehari-hari.

Untuk lebih jelasnya mengenai model bisnis yang ditawarkan oleh COSS akan dijelaskan pada gambar berikut:

COSS.IO Platform

COSS TOKEN

COSS adalah 100% proyek yang dibiayai secara mandiri dan tidak bergantung kepada investor eksternal sejak pertama kali diluncurkan. Namun, kebutuhan akan pengembangan yang masif dan cepat ini membuka kesempatakan bagi para investor yang memiliki visi yang sama dan percaya akan potensi COSS untuk dapat ikut berpartisipasi dalam perkembangan proyek ini. Untuk kebutuhan itu diluncurkanlah sebuah token bernama COSS.

Token COSS adalah revenue-generating cryptocurrency yang mampu memberikan pendapatan bagi para pemegang token COSS, yaitu dari biaya layanan atau fess yang akan dibebankan kepada pengguna dalam memanfaatkan platform COSS. Hasil keuntungan dari COSS akan diberikan kepada para pemegang token COSS secara mingguan.

Platform COSS akan menghasilkan pendapatan dari tiga sumber, yaitu:

  1. Withdrawal Fees atau Biaya untuk Penarikan
  2. Biaya Transaksi Penukaran
  3. Payment Gateway

COSS Token akan tersedia untuk diperjualbelikan selama masa kampanye Token Swap (ICO) yang telah dimulai sejak agustus 2017 dan akan berakhir pada tanggal 6 September 2017 ini. 200 juta token akan tersedia selama masa ICO ini untuk dibeli oleh investor yang berbagi visi dan misi yang sama dengan COSS.

Bagi paralocho yang memiliki aset cryptocurrency dan berminat untuk bergabung menjadi COSS Token holder, kalian dapat menukarkan aset yang kalian miliki menjadi Ethereum (ETH) dan segera menukarkannya dengan COSS Token pada website https://coss.io/ico ini. Kalian juga dapat menggali informasi lebih lanjut mengenai COSS ini pada whitepapernya di tautan berikut ini https://coss.io/documents/coss-whitepaper-v3.pdf.

Mohon digarisbawahi bahwa informasi yang tersedia pada artikel ini bukan merupakan saran ahli yang menyarankan paralocho melakukan investasi tertentu, tulisan ini hanya bersifat informatif untuk menyebarkan semangat desentralisasi dan demokrasi finansial.

Rahayu!

 

Written by: hyadumadha

Profile Bitcointalk: https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=1082055

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here