Mengenal Dompet Digital Cryptocurrency – Seri Belajar #3

66
0
SHARE

Dompet Digital Cryptocurrency

Seri Belajar Cryptolocho #3 kali ini akan mencoba menjelaskan mengenai cara menyimpan aset cryptocurrency pada digital wallet (dompet digital). Dalam dunia cryptocurrency, dompet digital dapat dikatakan seperti halnya rekening bank, yaitu tempat untuk menyimpan uang atau aset cryptocurrency dan uniknya, dompet tersebut tersedia dalam bentuk yang bermacam-macam sesuai dengan kenyamanan dan preferensi para penggunanya. Oh ya, jika ada diantara para pembaca yang belum membaca Seri Belajar #1 dan Seri Belajar #2, disarankan agar membacanya berurutan agar beroleh pemahaman yang runtut dan lengkap.

Dompet digital cryptocurrency ini, sebenarnya adalah sebuah program perangkat lunak yang befungsi untuk menyimpan kunci privat dan kunci publik yang nantinya akan kalian gunakan untuk berinteraksi dengan berbagai platform blockchain yang tersedia. Dompet ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan, sarana mengirim dan menerima aset cryptocurrency, serta memeriksa jumlah saldo aset yang telah  dimiliki.

Terdapat berbagai macam bentuk dompet yang kini tersedia dan dapat digunakan secara gratis. Pilihlah dompet yang sesuai dengan preferensi kenyamanan dan keamanan yang kalian inginkan. Jangan lupa, hal ini terkait dengan bagaimana nantinya model investasi yang akan dilakukan, yaitu apakah kalian berniat menjadi pelaku pasar cryptocurrency yang aktif atau hanya menjadi investor yang membeli dan kemudian menyimpan aset mata uang kripto untuk sekedar menunggu harga aset tersebut bertumbuh dan bertambah mahal.

Penyedia platform dompet digital kini juga sangat memperhatikan UX (User Experience) dan UI (User Interface) yang sangat memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk memahami bagaimana membuat, mengakses dan mengatur dompet digital pribadi. Misalnya dengan memberikan petunjuk penggunaan, memberikan penjelasan tentang berbagai pertanyaan-jawaban yang sering muncul (FAQ), atau dengan layanan help desk yang aktif dalam melayani pertanyaan-pertanyaan para penggunanya masing-masing.

Mohon diingat, setiap dompet mungkin dapat bervariasi satu sama lain, oleh karena itu biasakanlah membaca terlebih dahulu petunjuk untuk penggunaan dompet yang akan kalian gunakan. Banyak sekali kasus kehilangan yang disebabkan karena penggunanya tidak begitu paham bagaimana membedakan antara kunci privat dan kunci publik, sembarangan membuka dompet digital menggunakan wifi umum, lupa alamat (address) dompet digital atau bisa juga lupa bentuk kata sandi yang digunakan untuk mengakses dompet, yang akhirnya kealpaan tersebut mengakibatkan hal yang sangat menyakitkan, yaitu kehilangan aset cryptocurrency yang telah dimiliki

Setelah berhasil melakukan pengaturan pada dompet digital kalian, hal yang dapat kalian lakukan berikutnya adalah membeli aset mata uang kripto di berbagai macam pasar bursa cryptocurrency yang telah tersedia.

Dompet Digital Terpopuler

Marilah kita mulai untuk mengeksplorasi 5 digital wallet terpopuler yang dapat dijadikan pilihan untuk menyimpat aset uang kripto, 5 dompet digital tersebut tersebut adalah:

  1. breadwallet.com
  2. blockchain.info
  3. MyEtherWallet
  4. Jaxxx Wallet
  5. Trezor

Pertama, breadwallet.com

Dompet Digital Breadwallet

Saat ini, breadwallet hanya menerima Bitcoin untuk disimpan dalam digital wallet mereka. Dompet digital ini sangat disarankan bagi para pemula dalam dunia cryptocurrency karena sangat user friendly dan relatif mudah untuk digunakan. Dan yang paling penting, dompet ini dapat digunakan secara gratis, ya gratis!

Yang perlu dilakukan hanyalah pergi ke situs breadwallet.com, download aplikasi dompet digitalnya, setel passcode dan kalian langsung dapat menerima aset cryptocurrency. Karena fiturnya yang user friendly, kalian tidak perlu mengingat-ingat login name, kata sandi, kunci kriptografi ataupun pengaturan yang rumit lainnya, cukup hanya dengan passcode itu tadi.

Meskipun demikian, kelemahan dompet digital ini adalah hanya bisa diunduh pada mobile devices (telepon genggam) seperti android atau iphone yang kalian miliki, tidak ada antarmuka (interface) yang disediakan pada situs web atau untuk desktop. Dompet ini juga memiliki fitur yang sangat minim dan dianggap sebagai dompet yang “panas”, hal ini disebabkan oleh sistem keamanan dompet ini masih seadanya dan oleh karena itu, kunci privat yang kalian miliki dapat diakses dengan mudah oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

Kedua, Blockchain.info

Dompet Digital Blockchain.info

Dompet digital ini hanya melayani penyimpanan Bitcoin dan merupakan aplikasi yang dapat berjalan pada platform iOS maupun android. Dompet ini juga dapat digunakan sebagai dompet berbasis web. Yang paling membedakan dari dompet digital lainnya adalah adanya fitur saluran pembayaran (payment channel) untuk jaringan Bitcoin, yang dikenalkan dengan nama “Thunder”.

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima Bitcoin tanpa menyentuh blockchain utama, yang hasilnya adalah jaminan transaksi yang sangat aman dan dapat dilakukan secara instan.

Dompet digital blockchain ini disediakan secara gratis dan untuk membuat akun baru, kalian harus melakukan pendaftaran pada halaman utama blockchain.info.

Dompet ketiga adalah MyEtherWallet

Dompet digital ini dibuat khusus untuk mata uang kripto yang bernama Ethereum. Sangat mudah untuk digunakan oleh para penggunanya dan karena bentuknya adalah aplikasi berbasis web, maka memungkinkan kita untuk membuat dompet digital baru tanpa harus mengunduh data pada blockchain secara keseluruhan.

Dompet Digital Myetherwallet

Di MyEtherWallet.com, untuk membuat sebuah dompet digital kita tidak perlu repot-repot membuat akun terlebih dahulu pada server mereka. Kita hanya perlu membuat kata sandi pada halaman utama dan menyentuh panel “buat dompet” maka dompet digital kita sudah siap digunakan. Namun untuk menggunakannya kita perlu memilih fitur apa yang akan kita gunakan untuk mengakses dompet, misalnya ada File Keystore (UTC/JSON), Metamask/Misk, Ledger Wallet, Digital Bitbox, Mhnemonic Phrase atau Private Key yang berbentuk sandi kriptografi yang harus  disimpan dengan baik.

Keempat, Jaxx Wallet

Dompet Digital Jaxx

Kelebihan utama yang dimiliki dompet digital Jaxx adalah dukungannya terhadap beberapa mata uang kripto yang populer seperti bitcoin, ethereum, litecoin, dash dan masih banyak lagi. Yang kedua, dompet ini dapat di unduh baik melaui telepon genggam maupun membukanya pada situs web Jaxx.io.

Jaxx juga memiliki user interface yang bagus, hal ini terlihat dari kemudahan yang ditawarkan kepada penggunanya untuk dapat masuk dan dapat menggunakannya dompet tersebut secara langsung tanpa bertanya-tanya kepada google. Hal ini dapat terjadi karena Jaxx sangat memperhatikan user experience dalam pembuatan layanan dompet digitalnya tersebut.

Selajutnya, Jaxx juga memiliki fitur keamanan dan setelan privasi yang sangat baik, kunci privat akan dikirimkan hanya kepada pengguna dan tidak dikirimkan ke server lain yang tidak berkepentingan, termasuk server Jaxx sendiri. Hal ini secara sederhana dapat dipahami bahwa para penggunalah yang memiliki akses penuh kepada aset mereka dan Jaxx tidak memegang kendali atau akses untuk menyentuh apalagi mengambil aset yang ada pada dompet Jaxx para pengguna.

Namun, karena kode Jaxx bukanlah kode yang berasal dari sumber yang terbuka (opern source) maka seringkali sistem Jaxx ini terkesan lambat dan lama sekali untuk memuat data.

Terakhir, Trezor

Dompet Digital Trezor

Trezor adalah perangkat keras yang dapat digunakan untuk menyimpan Bitcoin dan sangat disarankan apabila kalian ingin menyimpan Bitcoin dalam jumlah yang relatif banyak. Dompet ini sangat disarankan bagi pemula karena alasan penggunaannya yang mudah, keamanan yang tinggi dan setelah privasi yang sangat memberikan kemudahan bagi para pengguna. Tampilan antarmuka pada situs webnya juga sangat mudah digunakan dan perangkatnya sudah dilengkapi dengan fitur built in screen dan yang paling penting perangkat ini menggunakan perangkat lunak dari sumber terbuka (open source).

Sebagai perangkat yang sangat aman dan mudah digunakan, harga Trezor ditawarkan dengan harga yang relatif mahal yaitu sekitar Rp 1.400.000,- atau sekitar 89 EUR (cek harganya di website ini).  Disamping itu kalian tetap harus memiliki perangkat lain seperti laptop untuk memindahkan Bitcoin dari jaringan blockchain ke dalam dompet ini.

Perangkat Untuk Menyimpan

Penjelasan sebelumnya adalah mengenai penyedia platform dompet digital yang dapat menjadi pilihan bagi kalian yang hendak memulai berinvestasi, sedangkan pada bagian ini kita akan mulai membahas perangkat apa saja yang dapat kita gunakan untuk menyimpan aset uang kripto kita.

Inilah daftar perangkat yang dapat kalian unduh dan menyimpan dompet digital kalian untuk mengamankan aset uang kripto kalian:

  1. Desktop
  2. Cloud
  3. Perangkat Bergerak/Mobile Devices
  4. Perangkat Keras
  5. Kertas

Pertama, desktop.

Dompet digital dapat diunduh pada komputer atau laptop yang kalian miliki. Dompet tersebut hanya dapat diakses oleh satu komputer tunggal dimana dompet tersebut diunduh. Hal ini menawarkan keamanan yang sangat tinggi namun sebagai imbasnya kita hanya dapat mengakses dompet hanya pada desktop dan tidak dapat dibuka ditempat lain.

Kelemahan berikutnya adalah ketika komputer kita terkena virus dan adalah sangat mungkin virus tersebut juga menyerang dompet digital dan membajak isi didalamnya.

Kedua, memanfaatkan teknologi komputasi awan (cloud) atau dalam jaringan (online).

Dompet digital yang disimpan pada teknologi cloud memungkinkan kita untuk mengakses dompet tersebut pada perangkat apa saja dan dimana saja. Lebih menawarkan kenyaman kepada kita apabila dibandingkan dengan penyimpanan pada desktop.
Meskipun demikian, perlu kalian ingat bahwa kunci privat kalian ada di dalam jaringan yang terhubung satu sama lain dan pihak lain tetap dimungkinkan untuk mengakses kunci privat tersebut dengan mudah.

Perangkat berikutnya, Telepon Genggam.

Kita dapat mengunduh dompet digital pada android atau iphone dengan mengunduhnya melalui Google App Store, Google Playstore dan/atau market place aplikasi lainnya. Memiliki dompet pada telepon genggam dapat sangat memudahkan kita, karena dengan alasan yang sangat sederhana yaitu dapat dibawa kemana saja.

Beberapa aplikasi dompet digital pada telepon genggam ini disediakan dengan fitur keamanan yang cukup baik, yaitu dengan multiple signature dan penyediaan mekanisme backup jika kita kehilangan telepon genggam kita. Dengan cara ini kita dapat menghindari kemungkinan untuk kehilangan aset uang kripto akibat kehilangan atau kerusakan telepon genggam karena fiturnya yang dapat melakukan pencadangan kunci privat dan memberikannya lagi kepada kita untuk mengakses dan membuka dompet pribadi kita.

Keempat, dompet perangkat keras (hardware wallet)

Mata uang kripto kalian dapat disimpan pada perangkat keras seperti yang disediakan oleh Trezor dan Bitbox. Para pengguna hardware ini dapat menyimpan aset uang kripto pada perangkat keras seperti USB atau hard drive. Meskipun untuk melakukan transfer uang kripto harus membutuhkan koneksi internet secara online, namun setelah melakukan transaksi kita dapat menyimpannya secara offline dan sangat menjanjikan keamanan.

Kelima, Dompet Tercetak (printed wallet)

Dompet Tercetak maksud sebenarnya adalah private key atau kunci privat yang dicetak pada media kertas, kita dapat membawanya kemana saja dan kapan saja kita mau. Sangat mudah dibuat dan digunakan, serta dapat pula kita simpan pada tempat yang menurut kita aman, safe deposit box misalnya.

Karena merupakan hasil cetakan dalam media kertas, dompet ini menjanjikan keamanan yang sangat tinggi. Selain sebagaimana dijelaskan diatas, dompet ini ternyata juga dapat diartikan sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menghasilkan kunci-kunci (publik dan privat) yang kemudian di cetak ke dalam bentuk fisik.

Bagaimana Menentukan Dompet Digital?

Kini sampailah kita pada pertanyaan yang paling penting, dompet apa yang paling disarankan untuk menyimpan aset uang kripto?

Pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan kecenderungan preferensi kita dalam dunia cryptocurrency ini, apakah akan menjadi trader yang aktif atau hanya investor yang pasif dan menunggu harga naik. Untuk mengetahui kalian ini termasuk umat yang mana, maka kita perlu menjawab pertanyaan berikut ini:

  1. Apakah kalian membutuhkan dompet untuk kegiatan jual beli aset sehari-hari atau hanya membeli dan menahan aset uang kripto?
  2. Apakah kalian memiliki rencana untuk menggunakan beberapa mata uang kripto atau hanya satu jenis saja?
  3. Apakah kalian membutuhkan akses ke dompet digital dimana saja kalian berada atau hanya ingin mengaksesnya jika dirumah?

Seumpama kalian adalah tipikal pengguna yang secara konstan menggunakan uang kripto untuk membeli kebutuhan sehari-hari maka kalian dapat memilih untuk menyimpan dompet kalian pada telepon genggam atau di layanan komputasi awan atau cloud.

Namun, jika kalian berencana untuk membeli dan menahan aset uang kripto untuk investasi masa depan, maka sebaiknya kalian menyimpan wallet kalian pada perangkat keras atau dompet tercetak.

Ketika sudah mantap dengan pilihan yang dipilih, maka kalian dengan segera dapat membeli aset digital mana yang ingin kalian beli dan memulai langkah awal investasi kalian.

Jika kalian sudah mulai penasaran untuk melakukan investasi pertama kalian, silahkan nikmati Seri Belajar Cryptolocho selanjutnya yang rencananya akan mengupas tentang cara investasi di pasar bursa. Tetap sehat tetap semangat!

Rahayu Sagung Tumitah Dumadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here