Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis Melalui Program Bounty Campaign

64
2
SHARE

Sebelum membaca artikel ini pastikanlah terlebih dahulu bahwa paralocho telah membaca artikel-artikel sebelumnya tentang blockchain, cryptocurrency dan initial coin offering (ICO) yang terdapat pada web cryptolocho ini. Karena apa? Karena paralocho akan susah memahami apabila fondasi pengetahuan seputar bitcoin tidak diperkuat terlebih dahulu. Kalau sudah baca dan paham mari kita belajar bersama-sama tentang bagaimana cara mendapatkan bitcoin gratis dari program bounty ICO.

Dalam sistem terdesentralisasi berbasis blockchain, alat tukar yang umum dipergunakan disebut cryptocurrency dan cryptocurrency yang telah dikenal oleh banyak orang dan bernilai fantastis contohnya adalah bitcoin dan ethereum. Mengapa fantastis? Bayangkan saja, pada waktu artikel ini dibuat, harga bitcoin sudah mencapai Rp 42.000.000,- per koinnya, luar biasa bukan. Nah, bagaimana cara mendapatkan bitcoin secara mudah? Pelan-pelan, dibawah akan dijelaskan.

Disamping koin-koin yang disebutkan diatas, banyak sekali koin baru yang bermunculan seiring dengan proyek-proyek yang senantiasa bermunculan pada sistem berbasis blockchain. Munculnya koin-koin baru tersebut adalah sebagai konsekuensi dari diterimanya bitcoin dan cryptocurrency lain sebagai alat tukar dan mulai diperdagangkan di pasar perdagangan cryptocurrency, hal ini mirip atau bahkan sama seperti saham atau transaksi derivatif lainnya yang diperjualbelikan di pasar modal saat ini. Banyak perusahaan start-up baru yang mencoba peruntungannya dengan menggalang dana (crowdfunding) dengan cara menjual koin perusahaannya senilai bitcoin tertentu yang akan digunakan sebagai modal awal. Para pembeli koin itu akan dianggap sebagai investor atau pemilik yang nantinya akan mendapatkan bagian dari hasil keuntungan perusahaan tersebut.

Untuk prosesnya, pertama-tama biasanya perusahaan start-up tersebut akan memulai dari menerbitkan whitepaper dan/atau website. Melalui dua media tersebut mereka mulai memberikan informasi tentang apa yang akan mereka lakukan, misalnya penjelasan mengenai ide, visi dan misi, road map, para pendiri dan lain sebagainya yang pada intinya menerangkan investor bahwa proyek mereka akan berjalan dan menghasilkan banyak uang. Nah, untuk kebutuhan tersebut, para perusahaan start-up ini juga membutuhkan bantuan dari para pengguna internet untuk berpartisipasi dan membantu untuk menyebarkan informasi-informasi yang ingin mereka sampaikan kepada investor. Proses inilah yang kemudian dikenal dengan kampanye Bounty Hunter (Bounty Hunter Campaign).

Para netters yang bersedia membantu kampanye perusahaan baru tadi diberi tugas untuk menyebarkan informasi mengenai produk atau proyek perusahaan dengan cara-cara sebagai berikut:

  1. Facebook share and like
  2. Twitter retweet and like
  3. Kampanye signature pada forum-forum bitcoin
  4. Pembuatan artikel pada blog dan media
  5. Pembuatan video-video promosi
  6. Jasa penerjemah ke bahasa lokal

Selain cara-cara diatas, ada beberapa cara-cara lain yang unik misalnya pembuatan desain meme, kaos atau gif yang terkait dengan produk atau proyek perusahaan tadi. Kemudian, jika para bounty hunters tersebut melakukannya dengan benar, maka pada akhir periode ICO para bounty akan mendapatkan koin atau token senilai dengan usaha-usaha yang telah dilakukan. Koin atau token yang didapatkan dari program bounty tesebut nantinya akan dapat ditukarkan bitcoin apabila syarat dan ketentuan peserta bounty dilaksanakan dengan baik.

Untuk mendapatkan informasi mengenai proyek bounty apa saja yang dapat dilakukan, paralocho dapat membuka forum bitcointalk disini. Carilah panel-panel diskusi dengan keywordbounty”, baca dan lihat persyaratannya apakah paralocho mampu untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut. Jangan lupa untuk memastikan dompet atau wallet apa yang akan digunakan perusahaan untuk melakukan pencairan dana, karena dari sekian proses yang nantinya akan dilakukan oleh bounty hunters hal inilah yang paling penting dan paling ditunggu-tunggu.

Saran saya, mulailah berani untuk mengambil langkah pertama, karena itulah yang paling sulit untuk dilakukan. Membaca artikel inipun sudah merupakan langkah yang bagus bagi paralocho untuk terjun kedalam dunia blockchain dan cryptocurrency yang mungkin baru akan menjadi populer pada tahun 2019 nanti.

Demikianlah informasi singkat padat dan renyah dari saya yang mungkin saja bermanfaat untuk menghabiskan waktu paralocho. Selamat menjadi petualang dan pemburu dalam dunia cryptocurrency dan blockchain.

Buka mata, pasang telinga, segara langkah muka dan kita kesana bersama! Majulah Indonesia.

Rahayu.

 

 

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here