Cindicator – Kombinasi Kecerdasan Untuk Masa Depan

150
0
SHARE

Hybrid Intelligence – Cindicator

Ada anak bertanya pada bapaknya…

Hybrid Intelligence itu apa artinya?…

#yousingyoulose 😛

Hayo siapa yang ikutan nyanyi? paralocho ada yang paham mengenai apa itu Hybrid Intelligence? Ya, memang sepertinya istilah ini belum terlalu akrab di telinga kita orang Indonesia, mungkin malah ada beberapa diantara dari paralocho yang mengasosiasikan istilah ini dengan pupuk atau tanaman, its okay as long as we willing to know about something, there is nothing that can be hidden for us, so mari kita diskusikan.

Secara definisi, hybrid intelligence diartikan sebagai kombinasi antara kecerdasan manusia dan kecerdasan mesin (artificial intelligence) yang dimanfaatkan untuk menyelesaikan berbagai tugas. Kecerdasan manusia dipergunakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang bersifat lebih kompleks karena melibatkan dimensi waktu masa depan (forecasting atau proyeksi masa depan), sedangkan kecerdasan mesin dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat teknis dan keakuratan sebuah perhitungan, diharapkan penggabungan antara kedua jenis kecerdasan ini dapat memperkuat satu sama lain dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan dengan tingkat kompleksitas yang tinggi seperti dalam bidang investasi.

Gagasan ini bermula dari sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh Profesor Keuangan Jack Treynor terhadap siswa-siwa dikelasnya: “Berapakah jumlah permen jelly yang ada didalam sebuah toples?”. Dia menyiapkan sebuah toples yang berisi 850 permen dengan berbagai warna. Setelah melakukan survei terhadap semua anggota kelas dan perhitungan rata-rata menggunakan deret aritmatika, dia mengungkapkan akurasi yang mengagumkan dari jawaban-jawaban kelompok murid di kelasnya, mereka menjawab 871 permen. Diantara kelompok muridnya, hanya ada satu dari lima puluh enam orang di kelasnya yang mampu membuat perkiraan lebih baik daripada rata-rata jawaban kelompok. Artinya, kemampuan individualitas seseorang memang kadang dapat lebih baik daripada kelompoknya tapi biasanya terdorong oleh insentif ego agar selalu menjadi terbaik, tapi apa gunanya untuk dunia kalau hanya ego semata? Dari sudut pandang yang lain, jika banyak orang bergabung dalam memecahkan suatu masalah dengan data sampel yang jelas, maka keakuratan jawaban terhadap suatu persoalan akan lebih mudah didapatkan.

Dari cerita tentang perhitungan permen diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa apabila beberapa orang bekerjasama untuk menebak sesuatu yang belum diketahui sebelumnya akan cenderung menghasilkan jawaban yang lebih akurat daripada hanya mengutamakan perhitungan-perhitungan individu, asalkan terdapat sampel yang besar, inilah sebenarnya yang disebut dengan kecerdasan kolektif manusia. Kecerdasan kolektif dari manusia tersebut (para ahli) ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan jawaban dari setiap permasalahan yang memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi, bursa saham misalnya. Namun meskipun demikian, bentuk kecerdasan yang ini tampaknya tetap memiliki kelemahan, yaitu ketika jawaban dari masalah dibuat dari sampel data yang salah atau juga terdapat kecendurungan emosional manusia yang biasanya menghasilkan keputusan yang slenco. Dan benar, itulah yang biasanya terjadi dalam dunia pasar modal.

Pada sisi yang lain, kecerdasan buatan dapat dikatakan lebih akurat karena berisi kumpulan bahkan ribuan algoritma dan dapat menghitung dengan lebih cepat. Namun, kecerdasan robot juga memiliki kelemahan yaitu tidak dapat disesuaikan dengan cepat apabila terdapat perubahan pasar yang dramatis dan setiap algoritma hanya memiliki masa pakai yang singkat, oleh karena itu akan cepat habis dan out of date.

Oleh karena alasan-alasan diatas yang kemudian memunculkan ide para ahli dari Rusia yang bermaksud membuat proyek bernama Cindicator, yaitu sebua platform yang menggabungan kedua kecerdasan pada suatu teknologi yang berbasis blockchain.

Cindicator – Hybrid Intelligence Platform

Cindicator adalah infrastruktur terdesentralisasi (blockchain) berbasis komunitas yang memanfaatkan kelebihan-kelebihan kecerdasan buatan dan kecerdasan kolektif sebagaimana disebut diatas. Dengan menggunakan teknik Hybrid Intelligence yang merupakan simbiosis kecerdasan manusia dan mesin memungkinkan Cindicator untuk membuat keputusan-keputusan yang lebih tepat dalam dunia yang berkembang dengan penuh ketidakpastian ini. Diharapkan infrastruktur tersebut dapat memberi manfaat kepada setiap anggota dan komunitas secara keseluruhan.

Teknologi ini dibangun di atas jutaan prediksi dari ahli analis terdesentralisasi yang diproses oleh teknologi Cindicator dan didorong oleh robot Artifiial Intelligence. Mereka yakin, integrasi pendekatan pengambilan keputusan dapat memberikan kesempatan yang menarik untuk memecahkan masalah dan tantangan saat ini untuk para peserta pasar keuangan. Anggota komunitas yang terdiri dari para ahli akan memberi prediksi reguler untuk menambahkan nilai signifikan pada teknologi dan karenanya dapat meningkatkan ketahanan dan keakuratakan dalam melakukan prediksi.

Platform Hybrid Intelligence Cindicator ini selain merupakan bentuk sinergi antara manusia and mesin, platform ini juga menjanjikan para pemegang token CND untuk membuat keputusan dengan perspektif real-time yang lebih tepat, cerdas dan akurat berdasarkan pada ilmu data, dan menghasilkan bagi komunitas Cindicator.

Untuk lebih jelasnya, ide tentang Cindicator dijelaskan melalui gambar berikut:

Cindicator
Description Hybrid Intelligence

Diharapkan dengan adanya platform Hybrid Intelligence berbasis blockchain ini dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Infrastruktur teknologi dan analisis untuk pengelolaan modal investor yang efisien dan aman yang dapat dilakukan oleh investor itu sendiri atau melalui manajer berlisensi;
  • Para analis yang tergabung pada komunitas dapat menguangkan aset intelektual mereka tanpa mempertaruhkan dana mereka sendiri;
  • Alat dan data untuk membuat keputusan investasi dalam kondisi ketidakpastian pasar;
  • Analisis aktual industri, harapan, peluang, dan tingkat pertumbuhan pasar;
  • Indeks dan peringkat aset cryptocurrency

Lalu, bagaimana proses bisnisnya? Apa saja manfaat dari berpartisipasi dalam Cindicator? Berikut adalah penjelasannya untuk paralocho:

Cindicator
Proses Bisnis Cindicator

Secara sederhana, dapat dipahami bahwa proses bisnis Cindicator adalah dengan memberikan akses untuk para pemegang token (kontributor Initial Coin Offering, para trader atau investor, para ahli forecasting dan tim Cindicator) ke dalam produk dan infrastruktur teknologi Hybrid Intelligence. Sebagaimana dijelaskan diatas, infrastruktur tersebut akan memiliki fungsi sebagai penghasil data-data forecasting, melakukan trading atau juga melakukan arbitrase dengan memanfaatkan robot trading (AI). Platform Cindicator memungkinkan para pemegang token tersebut diatas memperoleh keuntungan dari setiap kegiatan perdagangan di pasar saham tradisional, crypotocurrency dan kegiatan-kegiatan lain yang mungkin dapat dilakukan dengan teknologi tersebut.

Selain dalam bidang trading atau investasi, Cindicator juga dapat dimanfaatkan dalam bidang-bidang yang lain, dalam bidang pendidikan misalnya. Simbiosis kedua jenis kecerdasan ini, dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir kelemahan pendekatan-pendekatan emosional manusia dengan memperkuat pengambilan keputusan dengan mendesentralisasi data poin analisis. Misalnya pada bidang ilmu bio teknologi, Cindicator memungkinkan para peneliti berbasis crowdsourcing (sumber yang berasal dari banyak ahli) bergabung dan dengan memanfaatkan screening virtual (computer modeling dan machine learning) untuk besama-sama bekerja dan menganalisa sebuah penyakit dan menemukan obat-obat yang baru. Sinergi dari dua kecerdasan ini memungkinkan manusia untuk menciptakan obat-obat baru yang sekarang ini belum ditemukan obatnya. Sungguh menarik bukan?

Dari sudut pandang penulis sebagai seorang spiritualis, platform-platform seperti Cindicator inilah yang akan menghubungkan kembali antara satu manusia dengan manusia yang lain untuk bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan adalah sebuah hal yang menyenangkan dan menarik. Meminimalisir sekat-sekat individualistis dan egosentris akan sangat berpengaruh kepada kualitas kehidupan manusia bumi di masa yang akan mendatang. Oleh karena itu platform-platform seperti ini sangat layak untuk mendapatkan dukungan.

Untuk mendapatkan token CND secara mudah, paralocho dapat mengikuti program bounty yang disediakan oleh tim Cindicator pada alamat ini, ada berbagai macam program bounty yang dapat diikuti seperti Facebook Like and Share, Twitter campaign dan masih banyak. Ayo tunggu apalagi?

Apabila dari paralocho ingin mendapatkan informasi lebih detail mengenai Cindicator dengan segala informasi mengenai Cindicator Initial Coin Offering (ICO) dapat membacanya melalui quicklink dibawah ini.

 

Website

 

Whitepaper

 

Announcement

 

Twitter

 

Facebook

 

Telegram Chat

 

Telegram News

 

Slack

 

Github

 

Blog

 

IOS app

 

Android ap

 

Rahayu sagung tumitah dumadi (may all the creatures be full of joy and happiness)!

 

Created by: Hyadumadha

Profile bitcointalk: https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=1082055

ETH Address: 0x5D2786315085d2BE1afD2488945128d17187f32d

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here