Cryptogene, Blockchain Multiplatform Hub Untuk Afrika

668
0
SHARE

Tentang Afrika
Apa yang pertama kali kita pikirkan ketika mendengar nama Afrika? Ya benua Afrika! Dari pemberitaan yang kita dapatkan melalui layar kaca atau koran-koran dunia, saya dapat memastikan bahwa yang ada di pikiran anda adalah tentang kemisikinan dan kelaparan penduduk disana atau mungkin yang terbayang dalam pikiran anda adalah bayangan tentang betapa eksositasnya alam afrika dengan keragaman satwa dan alamnya. Ya, itu tidak salah, hal-hal tersebut memenuhi pikiran kita karena memang informasi-informasi itu yang kita dapatkan apabila berlangganan tv kabel atau membaca berita-berita global.

Afrika merupakan benua yang paling banyak dihuni manusia urutan kedua di dunia, sekitar 14,72% dari populasi dunia menghuni benua tersebut, namun sepertinya banyaknya jumlah populasi tidak selalu berbanding lurus dengan kesejahteraan dan kecukupan. Kemiskikan dan kelaparan masih menghantui sebagian penduduk afrika yang tentu saja hal ini menyebabkan banyak sekali organisasi atau lembaga menaruh perhatian untuk mengatasi masalah tersebut. Tapi entah mengapa, kehadiran bantuan-bantuan tersebut malah tidak membuat semakin mandiri namun sebaliknya, ketergantungan. Sebenarnya, yang manusia butuhkan adalah pengetahuan dan pemahaman tentang sesuatu, bukan sekedar bantuan-bantuan seperti makanan atau pakaian yang malah membuat orang yang dibantu menjadi tidak mandiri.

Kekuatan manusia berada pada akal dan pikiran, pengetahuan adalah kekuatan dan tidak ada yang bisa membantahnya. Akal dan pikiranlah yang membuat manusia dapat menjalani kehidupan untuk mencukupi dua kebutuhan besar hidupnya, bertahan hidup dan melanjutkan keturunan. Namun faktanya, banyak sekali manusia yang karena keterbatasan pengetahuannya menjadikan mereka mudah sekali dipropaganda dan di adu domba, yang sebenarnya hanyalah masalah pemenuhan keserakahan oknum-oknum yang tiada kunjung merasa kaya.

Cryptogene, sebuah ide yang menarik!
Melihat permasalahan tersebut itu, beberapa orang afrika yang tergabung dalam grup telegram Cryptogene, melihat teknologi blockchain sebagai salah satu jawaban untuk upaya mencerdaskan dan meningkatkan taraf hidup manusia di Afrika. Mereka beranggapan bahwa kesadaran dan pemanfaatan penggunaan internet pada masyarakat Afrika masih sangatlah rendah, jaringan terkoneksi dan ketersediaan listrik merupakan masalah-masalah umum yang terdapat pada masyarakat urban dan daerah miskin Afrika.

Tim Cryptogene sampai pada kesimpulan bahwa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan di benua Afrika adalah dengan memanfaatkan teknologi berbasis blockchain adalah dengan cara-cara sebagai berikut:
1. Peningkatan kesadaran masyarakat melalui jalur offline, yaitu dengan ditingkatkannya intensitas pertemuan-pertemuan, pelatihan, seminar atau program beriorientasi pengguna (User Oriented Programs) yaitu dengan program Cryptogene Ambasadorial Program.
2. Peningkatan kesadara masyarakat melalui jalur online, melaui platform Cryptogene-Learn (DIGEST) dan Cryptogene-Talk (Spiel).
3. Penyebaran informasi melalui media masa lebih digencarkan dan dilakukan penyaringan yang tepat.
4. Program berbagi pengetahuan melalui kanal-kanal yang formal seperti sekolahan atau badan-badan institusi yang lain.
5. Pemberian dukungan, pengembangan dan pengintegrasian bisnis melalui Cryptogene-Build (SILK), Cryptogene Mart (Block Mart), Cryptogene-Ex (HAVENE) dan Cryptogene-Token.

Dari poin-poin solusi sebagaimana disebutkan diatas, Tim Cryptogene bermaksud untuk mengembangkan beberapa konsep platform digital berbasis blockchain dengan menciptakan:

A. Cryptogene-Learn (Digest)
Adalah berupa platform berbagi pengetahuan seperti wikipedia yang berbasis blockchain namun dikatakan dalam white paper Cryptogene akan memiliki fitur-fitur khusus yang akan dikembangkan untuk menjawab pertanyaan dan permasalahan tentang akusisi pengetahuan dan pemahaman serta menjembatani jurang yang memisahkan antara masyarakat yang terdidik dan masyarakat afrika yang masih terbelakang.

B. Cryptogene-Mart (BlockMart)
Adalah sebuah platform pembayaran digital berbasis blockchain. Sebagaimana diketahui, sistem pembayaran di Afrika boleh dikatakan masih sangat jauh dari kata kemudahan, sebagai contoh, hanya 15% sampai 20% dari total populasi di Afrika yang memiliki rekening Bank namun uniknya hampir 70% dari mereka telah memiliki telepon genggam atau android. Hal tersebut menjadikan banyak sekali masyarakat di Afrika melakukan kegiatan jual beli menggunakan pulsa telepon sebagai alat pertukaran. BlockMart hadir untuk menjawab permasalahan-permasalahan sebagaiman disebut diatas.

C. Cryptogene-Ex (Havene)
Berangkat dari permasalahan bahwa banyak sekali mata uang yang digunakan di Afrika yang menyebabkan kesulitan penghitungan nilai mata uang antar negara, Cryptogene-Ex Havene hendak memberikan solusi yang dapat mengubah setiap komoditas barang dan jasa termasuk mata uang sendiri itu ke dalam bentuk Cryptocurrency yang disinyalir dapat menghancurkan segala tembok-tembok konvensional dan tradisional. Cryptogene-Ex ini merupakan inovasi terdesentralisasi untuk mengkonversi berbagai macam Cryptocurrency dan komoditi. Yang mana diharapkan dengan adanya teknologi ini, alur sistem pembayaran akan semakin mudah dan cepat pada seluruh negara-negara di Afrika.

D. Cryptogene-Talk (Spiel)
Adalah sebuah platform sosial media berbasis blockchain yang berfungsi sebagai penyebaran info dan pengetahuan. Forum ini diharapakan dapat menjadi platform untuk mengintegrasikan berita-berita yang beredar di dunia maya dan mengintegrasikan sistem interaksi sosial. Seperti halnya di Indonesia, pemberitaan yang sesat atau hoax pasti banyak menimbulkan permasalahan, oleh karena itu hadirnya Cryptogene-Talk ini bertujuan agar seluruh berita dapat terverifikasi tentang kebenarannya, tentang siapa yang membuat artikelnya dan maksud serta tujuannya berita tersebut diungkapkan. Dengan tercatatnya dalam database blockchain, maka potensi-potensi perpecahan akan dapat berkurang secara signifikan.

E. Cryptogene-Build (Silk)
Permasalah pada umumnya yang dihadapi oleh para pengusaha skala kecil dan skala menengah di negara-negara berkembang tidak jauh-jauh dari pendanaan atau funding. Pendanaan atau funding sebuah proyek tentu akan lebih mudah didapatkan apabila terdapat rencana bisnis (business plan) yang jelas. Untuk itu, kehadiran Cryptogene-Build (Silk) diharapkan dapat menjadi penjembatan antara pengusaha dengan penyedia dana dengan sistem crowdfunding dalam platform berbasis blockchain. Platform ini berguna sebagai tempat dimana pengusaha-pengusaha skala kecil dan menengah dapat menjelaskan dan menjabarkan ide dan rencana bisnisnya sehingga peluang untuk mendapatkan pendanaan akan lebih terbuka. Fitur menarik lain yang ditawarkan adalah para member dapat mengutarakan konsep yang kemudian dapat dikembangkan dan dilaksanakan dalam komunitas member melalui brainstorming. Sistem kerja ini kurang lebih sama seperti yang dilakukan oleh Kickstarter dan semacamnya.

F. Cryptogene Token (CGT)
Adalah koin atau token utama dalam sistem Cryptogene yang akan diluncurkan pada platform dompet koin digital bernama Waves Platform. Sebagai mata uang digital terdesentralisasi dan tidak dimiliki oleh lembaga terpusat, CGT akan menjadi sedikit lebih tinggi nilainya dan dapat digunakan sebagai medium transaksi antara negara-negara di Afrika yang sekarang masih menggunakan pulsa sebagai alat pertukaran. Semua proyek-proyek Cryptogene diatas akan diintegrasikan dengan CGT.

Dari paparan-paparan tentang rencana proyek diatas dapat diambil kesimpulan bahwa mimpi besar Cryptogene adalah menciptakan keseimbangan ekonomi, pengetahuan dan kesejahteraan melalui proses pendidikan, adaptasi dan implementasi teknologi Blockchain di benua Afrika. Sungguh menarik bukan? Ayo Indonesia kapan?

Untuk informasi lengkap mengenai cryptogene, paralocho dapat membacanya disini.

Sedangkan roadmap yang akan dilakukan oleh Tim Cryptogene adalah sebagai berikut:

Tertarik membaca dan mempelajari whitepaper Cryptogene? paralocho dapat membacanya disini:

Website Cryptogene.

Twitter Cryptogene.

Slack Cryptogene.

Join Telegram Cryptogene.

Blog Medium Cryptogene.

 

Indonesia kapan yuk? Rahayu Sagung Tumitah Dumadi! Bravo Cyrptogene!

(English Translation: May all the creatures full with joy and happiness)

My bitcointalk user name:

https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=1082055

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here